Vaksinasi Capai 100 Persen, Bima Arya: Kota Bogor Bisa Bebas COVID

M Solihin - detikNews
Kamis, 30 Des 2021 19:31 WIB
Wali Kota Bogor Bima Arya di Balai Kota Solo, Rabu (8/12/2021).
Bima Arya (Foto: Ari Purnomo/detikcom)
Bogor -

Wali Kota Bogor Bima Arya menyebut, capaian vaksinasi di Kota Bogor sudah mencapai 100 persen. Ia menduga, herd immunity juga sudah terbentuk dan Kota Bogor bisa bebas COVID-19 jika varian Omicron tidak masuk ke Kota Bogor dan menjangkiti warganya.

"Soal vaksinasi, kemarin itu kita sudah mencapai 100 persen itu Kota Bogor. Agak kaget juga, kita bisa juga 100 persen (capaian vaksinasi). Tapi capaian 100 persen vaksin ini cukup menentukan juga, jadi dugaan kuat herd immunity sudah terbentuk karena capaian vaksin tadi," kata Bima Arya dalam kegiatan ekspose kinerja akhir tahun, Kamis (30/12/2021).

Bima menambahkan, kondisi COVID-19 di Kota Bogor saat ini juga semakin terkendali. Berdasarkan data Satgas COVID-19 Kota Bogor per Rabu (29/12/2021), kasus positif di Kota Bogor tersisa 6 kasus. Tambahan kasus harian sejak sepekan terakhir berada di angka 1 atau 2 kasus. Bahkan beberapa kali tanpa tambahan kasus harian alias 0.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) bahkan menyebut, jika varian Omicron tidak menjangkiti warga di Kota Bogor maka Kota Bogor akan bebas COVID-19. Namun menurutnya, itu sangat sulit karena varian Omicron disebut lebih mudah menular dibanding varian Delta.

"Jadi kalau Omicron ini ngga masuk, Kota Bogor akan bebas Covid, yang sakit ini ada 6 ini. Tetapi rasanya ngga mungkin ini Omicron ini ngga masuk ini, hanya perlu tunggu waktu saja, Omicron ini nanti pasti akan terdata, kira-kira begitu," kata Bima.

Keberhasilan Kota Bogor dalam penanganan COVID-19 dalam setahun ini, kata Bima, merupakan hasil kekompakan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Bogor yang disebutnya formasi dream team.

"Tapi kita beruntung sekali Forkopimda itu kompaknya luar biasa, terus terang saya merasa beruntung, karena formasi Forkopimda ini formasi Dream Team. Ada Pak Kapolresta dengan gayanya seorang striker dan penuh inovasi, Pak Dandim yang humble dan setiap saat bisa turun ke lapangan, semua perfect, Kajari juga. Menurut saya itu kunci nomor satu untuk Kota Bogor," beber Bima.

"(Kunci keberhasilan) Nomor 2 adalah warga. Kita kan pernah survei dan hasilnya warga itu sangat membantu, sangat menolong, jadi ini kerjasama yang baik," imbuhnya.

(mud/mud)