Kaleidoskop 2021

Lika-liku Hubungan Aa Gym dan Teh Ninih

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selasa, 28 Des 2021 08:49 WIB
KH Abdullah Gymnastiar, Blak-blakan di Pasaraya Grande, Blok M, Selasa (7/5/2019)
Foto: Aa Gym (Rengga Sancaya/detikcom).
Bandung -

Kisah rumah tangga dai kondang KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym dengan Ninih Muthmainah atau Teh Ninih di tahun 2021 pasang surut. Dalam setahun, Aa Gym menggugat cerai Teh Ninih dua kali.

Gugatan cerai yang pertama dilayangkan pemilik pondok pesantren Daarut Tauhid itu pada Maret 2021. Saat itu, Aa Gym melalui kuasa hukumnya mengajukan gugatan cerai ke Pengadilan Agama.

"Gugatan sudah hampir 10 hari lalu. Aa memang mengajukan cerai talak ya, talak satu roj'i yang kedua, nah yang kedua ini nanti apakah dari pihak Teh Ninih memang menerima atau tidak, kita juga tidak tahu. Nanti ada kuasa atau yang lainnya," ujar Yoki M Sulaiman, kuasa hukum Aa Gym, saat ditemui di Pengadilan Agama Bandung, Jalan Terusan Jakarta, Kota Bandung pada Rabu (17/3/2021) lalu.

Ketidakcocokan menjadi alasan Aa Gym menggugat Teh Ninih. Namun apa yang menjadi faktor ketidakcocokan tak diuraikan.

"Kalau alasan detailnya kan kita nggak bisa jelasin karena sidangnya sidang tertutup ya, tapi secara global sudah tidak ada kecocokan lagilah dengan pasangan itu," ujar Yoki.

Sidang terus berjalan tiap pekannya. Selama persidangan, baik Aa Gym maupun Teh Ninih tak pernah menampakan batang hidungnya.

Akan tetapi, di tengah proses persidangan kabar mengejutkan kembali datang. Aa Gym tiba-tiba mencabut lagi gugatan cerainya. Aa Gym mencabut gugatan di penghujung bulan Maret.

"Jadi akhirnya dicabut. Betul (tidak jadi gugat cerai)," ujar Dedi Setiadi salah satu kuasa hukum Aa Gym.

Dedi menuturkan pencabutan gugatan itu sudah diajukan ke PA Bandung. Menurut Dedi, majelis hakim sudah membacakan surat penetapan pencabutan gugatan itu.

"Penetapan sudah dibacakan oleh majelis. Jadi sepakat dicabut dari Aa," kata dia.

Dua bulan berselang, ternyata Aa Gym menggugat cerai lagi Teh Ninih di Pengadilan Agama Bandung. Gugatan itu dilayangkan selepas bulan suci Ramadhan.

"Betul (mengajukan gugatan lagi). Kemarin baru masuk," ucap Dedi Setiadi salah satu kuasa hukum Aa Gym saat dikonfirmasi, Jumat (11/6/2021).

Simak Video 'Aa Gym Gugat Cerai Teh Ninih Lagi, Imbas Curhatan Anak yang Viral?':

[Gambas:Video 20detik]



(dir/mso)