Atap Bangunan Salah Satu Ruangan SD Negeri di Ciamis Ambruk

Dadang Hermansyah - detikNews
Senin, 27 Des 2021 14:13 WIB
Atap ruang SD di Ciamis ambruk.
Foto: Atap ruang SD di Ciamis ambruk (Istimewa).
Ciamis -

Atap bangunan SD Negeri 2 Cimaragas, Kabupaten Ciamis yang terbuat dari baja ringan ambruk pada Minggu (26/12/2021) malam. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, mengingat sekolah sedang libur.

Kepala Desa Cimaragas Aan Rohyandi membenarkan kejadian tersebut. Satu ruangan di SDN 2 Cimaragas ambruk pada bagian atap. Pihak desa mendapat laporan dari warga sekitar sekolah pada Senin (27/12/2021) dini hari.

"Baru hari ini kami mengecek ke lokasi kejadian. Ternyata benar bagian atap satu ruang kelas ambruk. Gentengnya hancur, terbuat dari baja ringan," ujar Aan, Senin (27/12/2021) saat dihubungi.

Aan menyebut penyebab ambruknya atap tersebut diduga akibat guyuran hujan terus menerus hampir setiap hari. Kemungkinan rangka baja ringan tersebut tidak kuat menahan beban genting sehingga ambruk.

"Pemasangan baja ringanya juga sepertinya carang (renggang). Kemungkinan tidak kuat menahan genteng sehingga jadi ambruk," ungkapnya.

Untuk saat ini kerugian belum bisa ditaksir, pihak desa kini tengah berkoordinasi dengan sekolah. Menurutnya, pada tahun 2011, ruangan tersebut pernah roboh saat menggunakan konstruksi kayu akibat gempa. "Sekarang roboh lagi meski sudah pakai baja ringan, semoga saja bangunan lainnya aman tidak terjadi ambruk lagi," jelasnya.

(mso/mso)