Wisatawan Banjiri Wisata Lembang, Polisi Berlakukan 8 Kali Oneway

ADVERTISEMENT

Wisatawan Banjiri Wisata Lembang, Polisi Berlakukan 8 Kali Oneway

Whisnu Pradana - detikNews
Minggu, 26 Des 2021 15:01 WIB
Polisi memberlakukan oneway 8 kali di kawasan Lembang
Polisi memberlakukan oneway 8 kali di kawasan Lembang (Foto: Whisnu Pradana)
Bandung Barat -

Kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) dibanjiri wisatawan tak cuma yang berasal dari Bandung Raya namun dari yang datang dari daerah lain demi menghabiskan masa liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Alhasil arus lalulintas dari arah Bandung menuju Lembang dipadati kendaraan wisatawan. Berdasarkan analisa dan evaluasi jajaran Satlantas Polres Cimahi, selama akhir pekan yang bertepatan dengan libur Natal ada peningkatan 30 persen volume kendaraan.

"Selama dua hari libur Natal ini ada peningkatan kunjungan ke Lembang sampai 30 persen," ungkap Kasatlantas Polres Cimahi AKP Sudirianto saat dihubungi detikcom, Minggu (26/12/2021).

Pihaknya sendiri tidak menerapkan rekayasa lalulintas ganjil genap di kawasan wisata Lembang. Sebab sudah diterapkan rekayasa oneway untuk mengurai kepadatan kendaraan.

"Enggak ada ganjil genap, jadi kita terapkan kanalisasi dari simpang Beatrix sampai simpang Grand Hotel, kalau padat baru dilakukan oneway," jelas Sudirianto.

Namun ketimbang hari Minggu ini, arus lalulintas di kawasan Lembang lebih ramai dan meriah di hari Sabtu kemarin. Untuk itu pihaknya melakukan rekayasa lalulintas oneway sampai lima kali untuk mengurai kepadatan kendaraan.

"Hari ini lebih landai dari hari kemarin, karena kemarin kita sampai memberlakukan 5 kali oneway, kalau untuk hari ini baru 3 kali. Dari situasi di lapangan kendaraan tidak terlalu padat," jelas Sudirianto.

Ia mengatakan arus balik kendaraan wisatawan pada libur Natal kali ini sudah terjadi sejak Minggu siang sampai malam hari.

"Untuk arus balik sudah mulai terjadi, meskipun tidak sekaligus. Karena besok masih hari kerja jadi wisatawan hanya memanfaatkan liburan di Sabtu dan Minggu ini saja," beber Sudirianto.

(mud/mud)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT