Artis Eksanti Terjun Dunia Bisnis Fashion Demi Bangun Pesantren

Wisma Putra - detikNews
Rabu, 22 Des 2021 20:58 WIB
Eksanti terjun ke dunia bisnis fashion.
Foto: Eksanti terjun ke dunia bisnis fashion (Wisma Putra/detikcom).
Bandung -

Eksis di dunia entertainment di era 90 an, artis senior Eksanti mulai terjun ke dunia bisnis. Fashion busana muslim, yang diproduksi artis berdarah Sunda ini dinamai YUMNASA.ID.

Eksanti mengatakan bisnisnya itu dimulai dua bulan sebelum pandemi COVID-19 terjadi atau sekitar dua tahun lalu. Bukan hanya mencari keuntungan semata, Eksanti mengungkapkan, hasil penjualan produk busana muslimnya ini diperuntukkan untuk mengembangkan pesantren miliknya yang berada di wilayah Soreang, Kabupaten Bandung.

"Dua tahun lalu, sebelum pandemi sudah buka, alhamdulillah sampai saat ini masih ada. Bisnis ini didirikan saya dengan niat ingin mendapatkan keberkahan dari Allah. Seperti namanya Yumnasa, Yumna itu berkah, memberikan keberkahan untuk semuanya," kata Eksanti kepada wartawan di storenya yang berada di Jalan Buahbatu No 55A, Kota Bandung, Rabu (22/12/2021).

Tak sepertinya dunia entertainment, dirinya banyak diuji saat terjun ke dunia bisnis. Apalagi, saat ini dalam kondisi pandemi COVID-19.

"Ternyata tidak mudah, diuji sama Allah, untuk cari keberkahan diri sendiri dan banyak orang itu kesabaran dan keistiqomahan kita diuji, apalagi kita berdagang dalam situasi tidak normal (pandemi COVID-19)," tuturnya.

Meski saat ini pandemi COVID-19 belum usai, bahkan varian baru virus Corona yakni omricon muncul, dirinya tetap optimistis berbisnis di jalan Allah.

"Alhamdulillah sampai saat ini kita ada di sini, sujud syukur kami, menyambut new normal. Mudah-mudahan kedepan kita bisa positif dan ekonomi kita bangkit, itu yang kami harapkan," harapnya.

Menurutnya, dengan berbisnis ini. Bisa memberikan banyak manfaat, salah satunya dengan membangun pondok pesantren. "Saya ada pembangunan pesantren, ini lebih kesana, untuk bekal pulang ya," ujarnya.

Produk busana muslim yang diproduksi Eksanti, seluruhnya merupakan karya pribadi. "Ini karya sendiri saya, karena memang ada tim yang support, original, desain punya kita," tuturnya.

Busana muslim yang dibuat oleh Eksanti pun beragam. Model-model yang dibuat juga mengikuti trend dan dapat dipakai oleh semua kalangan.

"Kalau tema akhir tahun ini travelin. Kita juga bersiap berikan trend buat Lebaran, Insya Allah bulan Januari akan keluar. Karakter kita simpel, elegan dan klasik, sederhana dan enak dipakai di mana saja. Setelah dipakai ke office bisa ke acara pesta juga bisa, didesain oleh kita seperti itu, satu baju bisa dipakai ke beberapa acara," ucapnya.

Eksanti menyatakan dirinya ingin mandiri dalam pembangunan pesantren yang dibangunnya. Saat ini, ia berencana membangun masjid yang ada di pesantrennya.

"Pesantren sendiri, saya ingin mandiri, santri sudah banyak. Sudah ada ijin Depag, tadinya Aula yang digunakan mau dibangun masjid," tuturnya.

Tak hanya itu, demi memberi keberkahan kepada banyak orang, Eksanti juga merekrut banyak penjahit yang memproduksi busana muslimnya.

"Kita tadinya di sini penjahit banyak, karena pandemi enggak boleh banyak orang, pekerjaan menjahit di bawa ke rumahnya. Ada sekitar 40 orang yang berasal dari daerah di Cililin dan Soreang," tambahnya.

Eksanti menyebut, busana muslim yang dijualnya, sama halnya dengan busana muslim yang biasa digunakan sehari-hari atau saat syuting. Saat disinggung, biasanya artis memilih usaha sampingan di dunia kuliner dan Eksanti bukan, menurutnya style bisnisnya ada di usaha busana muslim ini.

"Alhamdulillah cocok di fashion, pernah buka bisnis kuliner juga, tapi saya cocoknya di sini," ujarnya.

Tak hanya dijual di Bandung, produk busana muslim yang diproduksi Eksanti dijual juga ke luar kota dan bisa dicari juga melalui marketplace.

Eksanti mengaku, lebih sulit menjalankan bisnis dibandingkan berakting. Selain itu, dengan berbisnis banyak proses yang dinikmati untuk mendapatkan penghasilan, selain itu ia juga mendapatkan banyak keberkahan dengan berbisnis.

"Kalau penghasilan, kalau dilihat kesulitan lebih banyak di usaha atau berdagang, tapi nilai keberkahan beda Di artis entertain kita cari uang untuk sendiri, tapi kalau di sini keberkahan juga bisa dirasakan banyak orang, yang beli, yamg jahit, pegawai, tim, semuanya," pungkasnya.

(wip/mso)