Ganjil-Genap di Kota Cirebon Berlaku Bagi Pengendara di Luar Ciayumajakuning

ADVERTISEMENT

Ganjil-Genap di Kota Cirebon Berlaku Bagi Pengendara di Luar Ciayumajakuning

Sudirman Wamad - detikNews
Rabu, 22 Des 2021 16:50 WIB
Ganjil genap mulai diberlakukan di Kota Cirebon besok
Foto: Ganjil genap di Kota Cirebon bebapa waktu lalu (Sudirman Wamad/detikcom).
Cirebon -

Polres Cirebon Kota, Jawa Barat, menerapkan sistem ganjil-genap untuk kendaraan yang melintas di Kota Cirebon. Namun, penerapan ganjil-genap itu mengikuti aglomerasi.

"Tidak berlaku bagi kendaraan di luar Wilayah III Cirebon," kata Kapolres Cirebon Kota AKBP Fahri Siregar kepada awak media di Balai Kota Cirebon, Jawa Barat, Rabu (22/12/2021).

Sekadar diketahui, Wilayah III Cirebon terdiri dari Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning). Ganjil-genap tak berlaku bagi pengendara yang berpelat nomor polisi E, nomor polisi yang digunakan di Ciayumajakuning.

"Kita juga akan melalukan pemeriksaan sertifikat vaksin, atau surat hasil rapid test antigen. Bagi yang belum divaksin, kita sediakan vaksinasi secara mobile," kata Fahri.

Lebih lanjut, vaksinasi mobile dan rapid test antigen disediakan selama pemberlakuan ganjil-genap, yakni pada 24 hingga 31 Desember, 1 hingga 2 Januari 2022. Pelaksanaan ganjil-genap untuk hari Sabtu dan Minggu dilakukan dari pukul 08.00 WIB sampai 21.00 WIB.

"Kami ingin mengantisipasi kepadatan kendaraan yang ada di dalam kota. Kemudian, kita juga mendirikan empat pos pengamanan," kata Fahri.

Empat pos pengamanan tersebut bakal dijaga petugas gabungan. Pos pengamanan ini ditempatkan di Bunderan Krucuk, Kalijaga, Kedawung dan Penggung.

"Pada 31 Desember dan 1 Januari 2022, ruas jalan yang mengarah ke Alun-alun Kejaksan ditutup mulai pukul 21.00 WIB hingga 06.00 WIB. Ruang publik yang mengundang kerumunan kami tutup dengan garis polisi," katanya.

(mso/mso)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT