ADVERTISEMENT

Jelang Libur Nataru, Polisi Pastikan Tak Ada Penyekatan di Bandung

Yudha Maulana - detikNews
Senin, 20 Des 2021 12:01 WIB
Operasi penyekatan ganjil-genap di Bandung digelar pada beberapa ruas jalan. Meski begotu, beberapa warga masih kebingungan.
Foto: Penyekatan ganjil-genap di Bandung beberapa waktu lalu (Yudha Maulana/detikcom).
Bandung -

Polrestabes Bandung memastikan tidak akan ada penyekatan atau penerapan ganjil genap saat perayaan libur Natal dan tahun baru (nataru). Kendati begitu, masyarakat yang hendak merayakan libur Nataru tetap wajib menerapkan protokol kesehatan secara disiplin.

"Untuk Natal, tahun baru sesuai dengan arahan tidak ada penyekatan masuk Bandung seperti biasa tidak ada ganjil genap atau putar balik jadi warga ke Bandung masuk Bandung seperti biasa," ucap Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Aswin Sipayung kepada wartawan, Senin (20/12).

Pihaknya pun telah menyiapkan antisipasi bila ada kerumunan yang muncul di titik-titik keramaian. Skema rekayasa lalu lintas pun telah disiapkan bila terjadi kepadatan kendaraan.

"Kalau ada penumpukan seperti di Alun-alun, Asia Afrika, Pasopati, kebun binatang atau tempat yang biasa kumpul mengingatkan saja agar menerapkan protokol kesehatan," katanya.

"Yang belum vaksin, divaksin yang ngumpul-ngumpul imbau jaga jarak, pakai masker, cuci tangan prokes diingatkan supaya sehat," katanya menambahkan.

Sementara itu, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Suntana mengimbau masyarakat untuk bisa merayakan Nataru di rumah. Hal itu untuk mengurangi risiko terpaparnya COVID-19, terlebih saat ini muncul varian baru Omicron yang disebut memiliki daya tular yang lebih cepat.

"Kami mengimbau masyarakat dalam merayakan natal dan tahun baru diusahakan kalau memang tidak terlalu penting sekali tidak usah keluar rumah dan silahkan melaksanakan (libur) natal dan tahun baru di kediaman masing-masing," ujarnya.

Pihaknya pun tidak akan melakukan penyekatan atau penutupan jalan namun lebih mendorong penerapan protokol kesehatan yang ketat

"Saya kira tidak ada penyekatan, kita mengharapkan peningkatan prokes," pungkasnya.

(yum/mso)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT