Muncul Dukungan Sandiaga Capres, Gerindra Jabar Tetap Pilih Prabowo

Yudha Maulana - detikNews
Jumat, 17 Des 2021 16:22 WIB
Capres Prabowo Subianto memberikan pidato usai putusan MK dibacakan. Selesai pidato, Prabowo langsung salam komando dengan cawapres Sandiaga Uno.
Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Bandung -

DPD Gerindra Jawa Barat tetap memberikan dukungan penuh kepada Prabowo Subianto untuk menjadi calon presiden pada 2024 mendatang. Meski saat ini muncul deklarasi dari relawan yang mendukung Sandiaga Uno ke kursi RI 1.

"Jabar sudah deklarasi sebulan yang lalu. Semua DPC dan DPD mutlak ke Prabowo," ujar Wakil Ketua DPD Gerindra Daddy Rohanady saat dihubungi detikcom, Jumat (17/12/2021).

Sebelumnya, DPD Gerindra Jabar menyatakan siap mendukung Prabowo Subianto kembali melenggang ke Pilpres 2024. Pasalnya, Prabowo mendapatkan raihan suara yang manis di Tanah Pasundan dalam dua kali pemilihan umum.

"Ya itu statement dari pak sekjen di acara rakorda DPD Gerindra Sulsel nah untuk kami DPD Gerindra Jabar pasti mendukung 1000 persen, apalagi kita punya catatan sejarah terhadap dua kali kemenangan pak Prabowo dalam Pilpres," ujar Wakil Ketua DPD Gerindra Bucky Wikagoe saat dihubungi detikcom.

Sejumlah ulama di Jawa Barat yang tergabung dalam forum Ijtima Ulama mendorong agar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno maju sebagai calon presiden (Capres) 2024. Forum ulama menilai Sandi layak maju di Pilpres 2024.

Selain forum Ijtima Ulama, dukungan Sandiaga Uno maju Capres juga muncul dari Pemuda Islam Indonesia (PII) Jawa Barat. Mereka mendeklarasikan dukungan terhadap eks Wagub DKI Jakarta itu.

"Hari ini kami bisa berkumpul dengan pimpinan pesantren tentu bukan tanpa sebab, kami datang dengan satu tujuan mendeklarasikan dukungan kepada bapak Sandiaga Uno," ujar KH Lilik Abdul Kholiq pengasuh pesantren As-Salafiyah Sukabumi saat deklarasi di Hotel Golden Flower Bandung pada Kamis (16/12).

Dia menilai pilihan para ulama di Jabar terhadap Sandiaga Uno bukan tanpa sebab. Menurut dia, dinilai merupakan tokoh religius dan merupakan sosok pemimpin berakhlak.

Namun belakangan dukungan bagi Sandiaga itu memicu tudingan dari politisi yang juga anggota DPR RI dari Partai Gerindra, Kamrussamad, menuding deklarasi dukungan sejumlah ulama kepada Sandiaga Uno maju di Pilpres 2024 adalah upaya merekayasa forum Ijtima Ulama. Kamrussamad khawatir Sandiaga sengaja mengeksploitasi identitas ulama.

"Upaya rekayasa forum Ijtima Ulama DKI Jakarta (deklarasi bulan Oktober 2021) dan forum Ijtima Ulama Jawa Barat (deklarasi bulan Desember 2021) merupakan tindakan berpotensi menimbulkan politik identitas sebagai pemecah belah bangsa," kata Kamrussamad dalam keterangan tertulis yang berjudul 'Gerindra: Sesalkan Sandiaga Uno Rekayasa Ijtima Ulama demi Capres', Kamis (16/12/2021).

(yum/bbn)