ADVERTISEMENT

Pemkab Majalengka Siapkan Langkah Antisipasi Masuknya Omicron

Bima Bagaskara - detikNews
Jumat, 17 Des 2021 13:41 WIB
Pemkab Majalengka mengantisipasi masuknya Omicron
Bupati Majalengka Karna Sobahi (Foto: Bima Bagaskara)
Majalengka -

Pemerintah Kabupaten Majalengka mulai menyiapkan langkah antisipasi pasca temuan kasus virus Corona varian Omicron yang dilaporkan telah masuk ke Indonesia.

Bupati Majalengka Karna Sobahi mengatakan saat ini Pemkab Majalengka sedang mempelajari karakteristik dari varian Omicron. Menurut Karna varian ini sangat cepat penularannya.

"Kita sedang mempelajari mengenai karakteristik dari virus baru itu dan sudah ditemukan indikasinya yang berbahaya salah satunya itu sangat mempercepat penularan," kata Karna saat diwawancarai di Pendopo Bupati Majalengka, Jumat (17/12/2021).

Meski baru masuk ke Indonesia namun Karna memastikan sumber penularan virus Corona apapun variannya adalah berasal dari adanya kerumunan. Untuk itu, Pemkab Majalengka akan mengantisipasi penyebaran varian Omicron ini dengan membatasi mobilitas masyarakat.

"Sumbernya dari mana, tetap dari kerumunan orang. Makanya pada nataru di Majalengka walaupun pemerintah telah mencabut pemberlakuan (PPKM) Level 3, kita tetap akan membatasi mobilitas. Akan ada penyekatan jalan, objek wisata diperketat," tegasnya.

"Karena untuk tahun baru tidak bisa dihindari orang dari mana-mana datang ke Majalengka kan, itu yang kita antisipasi. Sekarang Pak Wabup sedang di Polres untuk menyiapkan itu, bagaimana mengatur pergerakan orang," ujarnya menambahkan.

Selain membatasi mobilitas masyarakat, Pemkab Majalengka juga akan menyiapkan pencegahan mulai dari tingkat desa. Bahkan rumah sakit juga diminta bersiap jika nantinya terjadi lonjakan kasus Corona di Majalengka.

"Rumah sakit sudah diminta untuk disiapkan, kemudian posko di setiap desa juga kita optimalkan lagi. Dengan cara ini insyaallah kita harus betul-betul antisipasi," singkat Sekda Kabupaten Majalengka Eman Suherman.

(mud/mud)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT