Jabar Hari Ini: Dukungan untuk Sandi dan RK-Pelajar Dirawat Usai Vaksinasi

Yudha Maulana - detikNews
Rabu, 15 Des 2021 20:51 WIB
Uluma di Jabar dorong Sandiaga Uno maju di Pilpres 2024
Ulama di jabar dukung Sandiaga Uno maju Pilpres 2024/Foto: Istimewa
Bandung -

Hangat Pilpres 2024 sudah mulai terasa saat ini, dukungan pada tokoh-tokoh politik tertentu sudah mulai bermunculan. Termasuk dukungan bagi Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno dari masing-masing pendukungnya di Bandung di hari ini.

Isu tentang kasus pencabulan yang dilakukan Herry Setiawan masih terus bergulir, kali ini Kejati Jabar akan mengusut dugaan tindakan eksploitasi ekonomi yang dilakukan Herry terhadap para santrinya.

Apa saja yang terjadi Jabar dan Banten Hari Ini ? berikut ulasannya

1. Dukungan untuk Sandi dan Ridwan Kamil Maju Pilpres

Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABDPSI) Jawa Barat mendorong Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk maju ke arena Pilpres 2024. Ketua Harian PABDPSI Jabar Supendi mengaku tertarik dengan gagasan Ridwan Kamil yang membangun Indonesia dimulai dari desa.

"Ketika rakernas BPD (Badan Permusyawarahan Desa) se-Indonesia kemarin yang berasal dari berbagai provinsi, teman-teman sudah positif untuk mengikrarkan bahwa Bapak BPD Indonesia adalah bapa Ridwan Kamil," ujar Supendi saat ditemui detikcom di Bandung, Rabu (15/12/2021).

Menurutnya, peserta rakernas banyak yang tertarik dengan konsep gagasan Ridwan Kamil dalam membangun desa. Walau demikian, konsep itu akan sulit terwujud bila Ridwan Kamil masih berada di Jabar. Salah satunya adalah perhatian pria yang akrab disapa RK itu kepada BPD dengan memberikan alokasi anggaran.

"Sejumlah elemen tadi menyatakan bahwa kami bersepakat besok atau lusa, dan bahkan BPD itu juga jabatan politis tapi dalam rangka NKRI ini tidak seperti partai, tetapi kami punya komitmen dan bersepakat 32 provinsi di Indonesia, kami atas nama BPD di Jabar dan pengurus nasional, Insya Allah kami akan deklarasikan sebagai bapak BPD Indonesia," katanya.

"Tentu yang kita bahas bersama adalah mengenai (maju sebagai) calon presiden Republik Indonesia, kita siap mendorong, itu yang memang jadi alasan yang cukup kuat kami di desa, karena sangat dibantu. Kami yang notabene orang desa, orang kampung, dihargai pak RK dan tentu kita menghargai kembali," katanya melanjutkan.

Selain dukungan bagi Ridwan Kamil, dukungan menjadi orang nomor satu di Indonesia juga datang bagi Sandiaga Uno.

Sejumlah ulama di Jawa Barat yang tergabung dalam forum Ijtima Ulama mendorong agar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno maju sebagai calon presiden (Capres) 2024. Forum ulama menilai Sandi layak maju di Pilpres 2024.

Selain forum Ijtima Ulama, dukungan Sandiaga Uno maju Capres juga muncul dari Pemuda Islam Indonesia (PII) Jawa Barat. Mereka mendeklarasikan dukungan terhadap eks Wagub DKI Jakarta itu.

"Hari ini kami bisa berkumpul dengan pimpinan pesantren tentu bukan tanpa sebab, kami datang dengan satu tujuan mendeklarasikan dukungan kepada bapak Sandiaga Uno," ujar KH Lilik Abdul Kholiq pengasuh pesantren As-Salafiyah Sukabumi saat deklarasi di Hotel Golden Flower Bandung, Rabu (15/12/2021).

2. Musim Hujan, Waduk Jatigede jadi Padang Rumput

Sebagian Kawasan Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang masih tampak surut meski saat ini telah memasuki musim penghujan. Bahkan wilayah yang surut, kini berubah jadi padang rumput.

Seperti yang terpantau di pesisir wilayah Kecamatan Darmaraja. Puing-puing bangunan yang semestinya terendam air, saat ini masih tampak terlihat. Bahkan lahan yang sebelumnya surut dan kering akibat musim kemarau, kini berubah jadi hamparan hijau yang dipenuhi rumput dan ilalang liar.

Bekas akses jalan yang berada di tengah Waduk Jatigede pun, saat ini masih dapat dilintasi baik oleh kendaraan roda dua atau pun roda empat milik warga yang hendak pergi memancing. Ketinggian debit air terpantau tidak jauh berbeda saat detikcom berkunjung pada 29 Agustus 2021.

Memed (61), warga setempat mengatakan meski volume air sudah sedikit bertambah namun kondisinya masih pasang surut atau tidak jauh berbeda saat musim kemarau.

"Meski sudah memasuki musim hujan tapi volume air kondisinya masih sama atau pasang surut," ungkapnya kepada detikcom.

Menurutnya, puncak tingginya volume air diperkirakan akan terjadi pada awal bulan tahun depan atau 2022. Saat itu terjadi, seluruh kawasan pesisir Darmajaya yang saat ini masih tampak surut biasanya akan terendam oleh air Waduk Jatigede.

"Kemungkinan, daerah yang surut ini akan terendam air di awal tahun depan," ujarnya.

Selain dua berita ini, ada tiga berita lainnya yang menarik. Klik halaman selanjutnya...

Simak Video 'Ijtima Ulama Jawa Barat Dukung Sandiaga Jadi Capres 2024':

[Gambas:Video 20detik]