Analisis Pakar Kejiwaan: Herry Wirawan Miliki Karakteristik Psikopat

Yudha Maulana - detikNews
Senin, 13 Des 2021 10:13 WIB
Herry Wirawan, Guru Perkosa Santriwati di Bandung
Herry Wirawan pelaku pemerkosaan 12 santriwati di Bandung. (Foto: istimewa)
Bandung -

Pakar kejiwaan, Teddy Hidayat, mengungkapkan berdasarkan hasil analisis ada tanda-tanda kejiwaan menjurus psikopat pada diri Herry Wirawan (36). Sekadar diketahui, Herry memerkosa 12 santriwati di Bandung. Beberapa korbannya hamil dan melahirkan anak.

Teddy Hidayat merupakan dokter spesialis kedokteran jiwa dan konsultan di RS Melinda 2 Bandung. Menurut Teddy, Herry mengalami gangguan penilaian (judgement) yang membuatnya tidak mampu membedakan antara mana yang boleh dan tidak boleh, mana yang pantas atau tidak pantas, dan mana yang bermoral atau tidak bermoral.

"Semua aturan, disiplin dan norma yang berlaku dilanggar untuk memuaskan dorongan id atau nafsunya. Super ego atau hati nuraninya dikuasai oleh id atau nafsunya. Pada pelaku ditemukan superego lacunae yang karakteristik untuk psikopat. Seseorang dengan psikopat dapat dan harus mempertanggungjawabkan perbuatannya di muka hukum, yaitu di pengadilan anak yang dilakukan secara tertutup," ujar Teddy dalam keterangan yang diterima detikcom, Senin (13/12/2021).

Teddy menggarisbawahi, catatan untuk pengadilan bahwa psikopat sulit belajar dari pengalaman dan tidak merasa bersalah. Bahkan, ada kecenderungan mengulangi perbuatannya.

Teddy menyebutkan kekerasan seksual pada anak banyak terjadi di masyarakat, namun tersembunyi seperti gunung es. Bila ada satu kasus yang dilaporkan, sebenarnya masih ada sembilan kasus lain yang tidak terlaporkan.