ADVERTISEMENT

Ini Alasan Mang Oded Pilih Yana Mulyana di Pilwalkot Bandung 2018

Yudha Maulana - detikNews
Minggu, 12 Des 2021 10:05 WIB
Oded M Danial dan Yana, Pilwalkot Bandung
Oded dan Yana (Foto: Tri Ispranoto)
Bandung -

Wali kota Bandung Oded M Danial pernah blak-blakan soal pilihannya menjadikan Yana Mulyana sebagai pendamping di Pilwalkot 2018 lalu. Salah satu alasannya, karena Yana sering mendatangi Oded sejak 2008, pertemuan mereka untuk belajar agama.

"Kenapa Mang Oded memilih Mang Yana, sejak 2008 pernah ngaji bareng Mang Oded di rumah. Jauh ke 2018, sebelum ke politik. Hampir 10 tahun. Mang Yana datang pakai motor ke rumah Mang Oded, padahal beliau pengusaha, jadi enggak kenal sehari atau dua hari," ujar Oded dalam tayangan Karim Suryadi Channel seperti dilihat detikcom, Minggu (12/12/2021).

Tayangan itu direkam beberapa hari sebelum Mang Oded menghembuskan nafas terakhirnya pada Jumat (10/12/2021). Dalam pertemuannya dengan Guru Besar UPI Prof Karim Suryadi, Oded juga bercerita bahwa politik adalah adalah untuk mendapatkan kemaslahatan umat.

"Dulu Mang Oded jadi anggota dewan dulu, diminta sama partai. Setelah dua periode, didorong jadi ketua partai di Bandung, didorong jadi calon walikota, walau takdirnya jadi calon wakil walikota, entah bagaimana ke depannya," tutur Mang Oded.

Seperti diketahui Mang Oded wafat pada Jumat (10/12/2021). Usai menunaikan salat tahiyatul masjid, Oded terjatuh saat hendak berjalan ke mimbar. Ia pun dibawa ke rumah sakit, tak lama kemudian kabar duka pun tersiar.

Untuk memastikan pemerintahan tetap berjalan. Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana ditunjuk menjadi Plt Wali Kota Bandung sepeninggal Oded M Danial. Penunjukan itu berdasarkan surat yang dikeluarkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Dalam surat bernomor Se39/HM.07/Pem.Otda tertanggal 10 Desember 2021 yang diterima detikcom dari Humas Pemkot Bandung pada Sabtu (11/12/2021) tertulis bila Wakil Wali Kota Bandung untuk melaksanakan tugas sebagai Wali Kota Bandung sementara.

Surat tersebut ditandatangani dan dicap oleh Gubernur Jawa Barat. Dalam surat itu, Pemprov Jabar menyatakan berbela sungkawa atas meninggalnya Oded M Danial.

"Dalam rangka menjamin keberlangsungan pemerintah daerah di Kota Bandung, agar saudara Wawalkot Bandung melaksanakan tugas dan wewenang Walkot Bandung hingga terdapat ketentuan dan kebijakan lebih lanjut," ujar gubernur dalam suratnya.

Sementara itu, Yana Mulyana juga sudah langsung mengingatkan agar pelayanan publik di Kota Bandung terus berjalan. Meskipun, jajaran Pemkot Bandung saat ini masih berduka.

"Hingga saat ini saya masih sangat berduka. Saya sangat kehilangan Mang Oded. Pemkot Bandung juga berduka. Tetapi saya ingin pastikan, pelayanan publik tetap berjalan," kata Yana dalam keterangan resminya.

(yum/mud)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT