Datang ke Ciamis, Kunjungi 5 Tempat Makanan Legendaris Ini

Dadang Hermansyah - detikNews
Sabtu, 11 Des 2021 09:19 WIB
Lima kuliner legend di Ciamis
Foto: Dadang Hermansyah
Ciamis -

Bagi yang sedang melintas atau berada di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, sedang mencari tempat makan, ada 5 tempat makan legendaris yang boleh dicoba.

Selain memiliki cita rasa yang khas, 5 tempat kuliner ini sudah ada sejak lama dan melekat di berbagai kalangan masyarakat. Umumnya, tempat makan ini dinamai sesuai nama di penjual. Berikut 5 tempat makan legendaris menurut Badan Promosi Pariwisata Daerah dan Dinas Pariwisata Ciamis.

Lima kuliner legend di CiamisSate Etom, salah satu kuliner legend di Ciamis Foto: Dadang Hermansyah

Sate Etom

Nama Sate Etom susah sangat familiar bagi warga Ciamis. Ada sekitar tahun 1965 dan semakin terkenal di era 90 an. Lokasinya di simpang lampu merah Jalan Pemuda Nomor 45 Ciamis.

Sate Etom menyediakan sate sapi, ayam dan kambing. Selain itu juga tersedia gulai sapi dan kambing. Buka mulai pukul 09.00 - 21.00 WIB. Rasa sate ini sangat nikmat, dagingnya empuk dan memiliki bumbu khas tersendiri. Harganya pun cukup terjangkau sekitar 20 ribuan per porsi. Sate ini banyak digemari oleh berbagai kalangan.

Lima kuliner legend di CiamisSoto Iyun, kuliner legend di Ciamis Foto: Dadang Hermansyah

Soto Iyun

Soto yang terbuat dari daging sapi ini, memiliki cita rasa yang nikmat. Kaya akan rempah-rempah, membuat penikmatnya ketagihan untuk mencicipi soto iyun ini.

Warung nasi yang buka di Jl. Wr. Supratman, Ciamis, Jawa Barat 46211, setiap hari buka untuk memenuhi kebutuhan penikmatnya. Untuk harga per porsinya mulai dari sekitar Rp 20 ribuan.

Lima kuliner legend di CiamisKupat Tahu Ocih, kuliner legend di Ciamis Foto: Dadang Hermansyah

Kupat Tahu Ocih

Ada juga, Kupat Tahu Ocih yang kini sudah memasuki generasi ketiga, kuliner yang sangat melekat di lidah penggemarnya. Berdiri sejak tahun 1970, ini menjadi makanan yang legendaris di Ciamis. Ada di Jalan Iwa Kusuma Somantri.

Selain soal rasa, kupat tahun ini juga dibuat dengan cara yang berbeda dan kaya akan rempah-rempah. Olahan kupat tahu ini juga dimasak dengan tungku dan bahan bakar kayu. Sehingga menghasilkan aroma yang menggoda, gurih, nikmat dijamin ketagihan. Untuk harganya sekitar Rp 15 ribuan.

Masih ada dua kuliner legend lainnya yang wajib diicip saat ke Ciamis, klik halaman selanjutnya..