Walkot Bandung Oded Wafat, Dubes Inggris Sampaikan Bela Sungkawa

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 10 Des 2021 15:22 WIB
Wali Kota Bandung Oded M Danial
Foto: Wali Kota Bandung Oded M Danial (DOK. Humas Pemkot Bandung).
Bandung -

Wali Kota Bandung Oded M Danial wafat. Duta Besar Inggris untuk Indonesia-Timor Leste Owen Jenkins turut berbela sungkawa.

"Turut berduka cita atas meninggalnya Walikota Bandung H.Oded M. Danial. Doa kami menyertai keluarga beliau, semoga diberikan kesabaran dalam menghadapi masa sulit ini," ucap Owen dalam unggahan Twitter yang dilihat detikcom pada Jumat (10/12/2021).

Owen sendiri punya kenangan dengan Pemkot Bandung. Tahun lalu, dia mengunjungi Kota Bandung dan diterima oleh Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana.

Dia datang ke Bandung mewakili Inggris yang memilih Kota Bandung sebagai program kota masa depan. Program ini merupakan proyek yang berfokus pada pengembangan sistem transportasi umum yang terintegrasi juga meningkatkan kapasitas pemerintah dalam manajemen transportasi.

Owen Jenkins mengatakan Bandung dipilih pada program ini karena merupakan salah satu kota penting di Indonesia.

"Bandung termasuk salah satu kota yang penting di Indonesia, kota yang memiliki sejarah. Kota yang sangat penting untuk memperbaiki problematika di sini. Jika bandung memiliki urban transportation yang bagus, urban planning yang tepat, tentu akan menjadi model kota yang baik sehingga kota-kota lain bisa mencontoh Bandung," kata Owen seusai launching di Gallery Kota Bandung, Jalan Aceh, Selasa (11/2/2020) lalu.

Wali Kota Bandung Oded meninggal dunia saat akan melaksanakan salat Jumat di Masjid Mujahidin, Kota Bandung, Jumat (10/12/2021). Oded meninggal karena sakit jantung.

(dir/mso)