Atap Bangunan Ruang Multimedia SMP di Ciamis Ambruk

ADVERTISEMENT

Atap Bangunan Ruang Multimedia SMP di Ciamis Ambruk

Dadang Hermansyah - detikNews
Jumat, 10 Des 2021 14:01 WIB
Atap ruang multimedia salah satu SMP di Ciamis ambruk
Atap ruang multimedia salah satu SMP di Ciamis ambruk (Foto: Dadang Hermansyah)
Ciamis -

Atap bangunan ruangan di SMPN 1 Cimaragas, Kabupaten Ciamis ambruk. Peristiwa ini diakibatkan saat hujan deras mengguyur wilayah tersebut kemarin malam.

Pantauan detikcom, hanya ada 1 ruangan yang ambruk hanya pada bagian atapnya saja. Masih terdapat beberapa barang seperti matras dan lemari di ruangan tersebut.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Sedangkan untuk kerugian belum bisa dipastikan. Penyebabnya diduga atap bangunan yang terbuat dari kayu itu sudah lapuk dan tak kuat menahan beban genteng.

"Iya betul, yang ambruk hanya satu ruangan. Itu ruang multimedia. Tidak ada korban jiwa karena kondisi ruangan kosong," ujar Kepala SMPN 1 Cimaragas Asep Surur di lokasi kejadian, Jumat (10/12/2021).

Asep menjelaskan pihak sekolah sudah mengosongkan ruangan tersebut sejak 2 tahun lalu. Setelah melihat ada tanda-tanda bangunan akan ambruk.

Bangunan tersebut didirikan sejak tahun 2008 lalu. Dibangun dari dana subsidi APBD Jawa Barat dengan nilai Rp 70 juta.

"Bangunan ini sudah dikosongkan 2 tahun. Tadinya ruangan multimedia. Sudah diajukan melalui dapodik, cuma belum," katanya.

Asep menyebut penyebab ambruknya atap bangunan diduga karena konstruksi dari kayu sudah lapuk. Mengingat bangunan itu dibangun sejak 2008 lalu, ditambah hujan yang mengguyur wilayah Cimaragas hampir setiap hari.

(mud/mud)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT