Rekomendasi 5 Kapolres soal Pengetatan Kawasan Puncak Jelang Nataru

M Solihin - detikNews
Kamis, 09 Des 2021 14:49 WIB
Rekomendasi 5 Kapolres soal pengetatan di Puncak Bogor
Rekomendasi 5 Kapolres soal pengetatan di Puncak Bogor (Foto: M Solihin)
Bogor -

5 Kapolres yang bertugas di kawasan Puncak Bogor menggelar rapat koordinasi terkait antisipasi mobilitas warga di kawasan Puncak saat libur Natal dan tahun baru (Nataru). Ada 5 rekomendasi yang disepakati terkait pengetatan mobilitas masyarakat saat Nataru.

"Jadi pagi hari ini para Kapolres di jajaran Puncak Raya telah membahas dan mendukung terkait penerapan PPKM pada natal dan tahun baru. Yang pada prinsipnya adalah, untuk mengurangi beban kerumunan di kawasan Puncak. Sehingga pertemuan hari ini akan merekomendasikan kepada Satgas di Provinsi Jawa Barat," kata Kapolresta Bogor Kota Kombes Susatyo Purnomo Condro, mewakili 5 Kapolres di Kawasan Puncak Raya saat ditemui di Gadog, Kamis (9/12/2021).

Rekomendasi itu di antaranya, kata Susatyo, yakni memastikan setiap orang yang bepergian saat Nataru adalah orang yang sudah divaksin.

"Untuk mendukung ini kami akan membangun 25 posko protokol kesehatan (prokes) di 5 Polres. Di Kabupaten Bogor 10 posko, Bogor Kota 6 posko, Sukabumi 3 Posko, Sukabumi Kota 2 posko dan Cianjur 4 posko," papar Susatyo.

"Posko ini akan berfungsi mengecek terkait sertifikat vaksin pengguna jalan raya dan penerapan aturan ganjil genap," imbuhnya.

Rekomendasi selanjutnya, lanjut Susatyo, yakni pemeriksaan sertifikat vaksin akan diberlakukan kepada setiap pengguna jalan menuju kawasan Puncak Bogor.

Selain 25 posko prokes yang disiapkan, kata Susatyo, dibentuk juga tim pengurai kemacetan dan menerapkan crowded free road di masing-masing polres yang ada di kawasan Puncak. Tim ini, akan bergerak ke titik-titik kepadatan di jalur utama dan akan menyisir jalur-jalur tikus yang digunakan wisatawan untuk menghindari check point.

"Kegiatan ini juga selaras dengan pemberlakuan ganjil genap yang rencananya diberlakukan di jalan tol," kata Susatyo.

"Kawasan kami di 5 Polres sekitar Puncak Raya ini saat ini masuk dalam level 2 PPKM, sehingga akan tetap mendukung kebijakan pemerintah pusat terkait PPKM menjelang Nataru," ia menambahkan.

5 polres di kawasan Puncak Raya, kata Susatyo, akan memberlakukan point-point hasil hasil rapat koordinasi setelah ada instruksi dari pusat atau Provinsi Jawa Barat.

(mud/mud)