Keren! Mural Beragam Tema Hiasi Sudut di Kawasan Ciamis

Dadang Hermansyah - detikNews
Kamis, 09 Des 2021 11:56 WIB
Gambar mural percantik jalan di Ciamis.
Foto: Gambar mural percantik jalan di Ciamis (Dadang Hermansyah/detikcom).
Ciamis -

Sebuah jalan di wilayah Kertasari, Kecamatan Ciamis, Jawa Barat, kini nampak berbeda. Terdapat puluhan gambar mural hasil karya street art yang sangat keren dan menarik. Seni mural itu digambar pada dinding kantor pemerintahan Jalan Sastrawinata Ciamis.

Semula, tembok gang dengan panjang sekitar 80 meter ini polos dan tidak menarik. Tapi sekarang hasil pantauan, gang itu nampak lebih semarak dengan gambar mural yang berwarna warni.

Tak hanya itu, saluran air di bawah dinding pun kini nampak bersih. Rumput yang sebelumnya tinggi dan terkesan kumuh kini dipangkas habis. Banyak warga perkotaan Ciamis yang memanfaatkan mural ini untuk berfoto ria.

Gambar mural ini tidak memiliki tema Khusus. Pembuatnya adalah seniman street art dengan membuat mural sesuai selera. Seperti gambar perempuan berkerudung putih, karakter kartun, bunga, karakter film hingga tulisan abstrak. Bahkan ada juga gambar mural menyerupai Nike Ardila berikut syair dari lagu 'Seberkas Sinar' yang merupakan penyanyi fenomenal kelahiran Ciamis.

Menurut informasi, lukisan mural ini adalah hasil karya dari 97 seniman street art dari berbagai daerah di Jabar, Jateng, Yogyakarta dan Jakarta. Mereka masuk dalam Komunitas Street Art Indonesia. Dilakukan pada akhir November 2021 lalu.

"Ini hasil karya dari Komunitas M Two Familia, Street Art Indonesia. Lokasinya cukup bagus," ujar Mukti Aziz, salah seorang seniman street art, Kamis (9/12/2021).

Mukti mengatakan kegiatan mural street art di Ciamis adalah yang ke 10. Sebelumnya kegiatan tersebut digelar di Wilayah Banyumas.

"Tidak ada tema khusus, jadi sesuai dengan gaya dan ciri khas masing-masing. Medianya juga dari cat semprot, kuas dan lainnya. Ada gambar karakter, mural, realis dan lainnya," ujarnya.

Simak juga 'Pemkab Ciamis Tutup Alun-alun saat Malam Tahun Baru':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)