Longsor di Majalengka, 1 Pabrik Ambruk dan 5 Motor Tertimbun

Bima Bagaskara - detikNews
Kamis, 09 Des 2021 11:35 WIB
Longsor di Majalengka
Pabrik ambruk di Majalengka. (Foto: Bima Bagaskara/detikcom)
Majalengka -

Hujan deras mengguyur Blok Mekarmulya, Majalengka, pada Rabu (8/12) malam, memicu longsornya tebing setinggi 15 meter dan lebar 25 meter. Sebuah pabrik penggilingan padi ambruk tertimpa longsoran.

Pantauan detikcom di lokasi kejadian, Kamis (9/12/2021), sejumlah warga dibantu aparat tengah sibuk membersihkan puing-puing bangunan yang ambruk menggunakan peralatan seadanya. Selain menimpa pabrik penggilingan padi, longsor tersebut juga membuat 5 unit sepeda motor ikut tertimpa.

Cecep Rutiawan salah satu pengelola pabrik penggilingan tebu mengungkapkan longsor tersebut berawal dari hujan deras yang turun sejak Rabu sore hingga malam. "Hujan kemarin itu dari jam tiga sore hujan deras. Lalu, sekitar jam delapan malam itu kejadian longsor. Di dalam pabrik ada motor lima, sama mesin-mesin penggilingan padi. Semuanya tertimbun longsor," ucap Cecep.

Saat kejadian itu tidak ada pekerja yang berada di dalam pabrik. Cecep belum mengetahui berapa kerugian akibat kejadian longsor itu.

"Kerugian saya belum tahu, yang penting nggak ada korban jiwa karena saat itu tidak ada orang, semua pegawai sedang di rumah," jelasnya.

Longsor di MajalengkaSejumlah warga dibantu aparat tengah sibuk membersihkan puing-puing bangunan yang ambruk. (Foto: Bima Bagaskara/detikcom)

Dandim 0617 Majalengka Letkol Inf Andik Siswanto mengungkapkan hujan yang turun sepanjang hari kemarin membuat bencana tanah longsor dan banjir menerjang beberapa titik di Majalengka. Dia meminta semua masyarakat, khususnya yang berada di Majalengka selatan, agar selalu waspada manakala hujan turun dengan waktu yang cukup lama.

"Masyarakat saya harapkan dengan kondisi cuaca saat ini yang sedang ekstrim dimana hujan sering turun, kondisi alam Majalengka Selatan ini rawan longsor dan banjir, maka saya minta masyarakat waspada," ujar Andik seusai meninjau lokasi longsor di Desa Cihaur.

Simak juga 'Detik-detik Longsor Putus Akses Jalan Mamasa-Polewali Sulbar':

[Gambas:Video 20detik]



(bbn/bbn)