Jemput Bola Petugas Vaksinasi ke Rumah hingga Empang Warga Losarang

Sudirman Wamad - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 17:49 WIB
Vaksinasi Warga Indramayu
Petugas jemput bola ke rumah warga agar mau divaksinasi. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Indramayu -

Satgas COVID-19 Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, jemput bola mendekati warga untuk mengikuti vaksinasi COVID-19. Satgas menggedor setiap rumah hingga tempat kerja warga, seperti area sawah hingga empang atau tambak ikan.

Pelaksanaan vaksinasi door to door atau dari rumah ke rumah itu dilakukan sejak Agustus. Kepala Puskesmas Losarang Andri mengatakan pihaknya menargetkan setiap harinya 200 warga yang divaksinasi.

"Dari awal dilaksanakan hingga hari ini, kita tetap konsisten targetnya 200 warga yang divaksin. Target di Kecamatan Losarang ini sekitar 23 ribu warga, hingga sekarang sudah ada 19 ribu warga yang telah divaksinasi," kata Andri saat berbincang dengan detikcom Desa Puntang, Kecamatan Losarang. Indramayu, Rabu (8/12/2021).

Andri menargetkan vaksinasi di Losarang rampung pada 24 Desember mendatang. Namun, ia tak menampik ada beberapa kendala yang menghambat pelaksanaan vaksinasi.

"Kendala soal NIK yang belum aktif. Jadi kita akhirnya koordinasi dulu dengan Disdukcapil. Kemudian, soal hoaks terkait vaksin. Kita edukasi masyarakat agar mau divaksinasi dan tidak termakan hoaks," kata Andri.

"Alhamdulillah sekarang masyarakat mau divaksinasi. Kita kerja sama dengan aparat, TNI dan Polri untuk memberi pemahaman soal bahaya hoaks," kata Andri.

Pendekatan Persuasif

Kapolsek Losarang Kompol Mashudi mengaku kerap menemui masyarakat yang sulit diajak untuk vaksinasi karena termakan hoaks. "Kita gunakan cara-cara yang persuasif. Memberikan edukasi soal hukum dan bahaya hoaks. Jadi, yang tadinya tidak mau (vaksin), sekarang sudah pada mau divaksinasi," kata Mashudi.

Selain soal hoaks yang menjadi kendala, Mashudi mengaku vaksinasi juga terhambat karena profesi masyarakat Losarang. Sebab, mayoritas masyarakat Losarang bekerja sebagai petani dan nelayan.

"Jadi kita tak hanya ke rumah warga. Kita juga rutin ke tambak ikan hingga sawah untuk menemui warga. Kadang kita datang ke rumah, warga sudah berangkat kerja," ucap Mashudi.

Vaksinasi door to door hingga ke empang warga yang dilakukan Satgas COVID-19 Kecamatan Losarang merupakan upaya percepatan vaksin.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indramayu Deden Bonni Koswara mengatakan hingga 7 Desember 2021 total masyarakat yang telah divaksinasi mencapai 1.533.339 jiwa. Dari total vaksinasi tersebut, lanjut Deden, 63 persennya merupakan vaksinasi tahap pertama.

(bbn/bbn)