Pengadilan Negeri Eksekusi 11 Rumah Aset Milik PT KAI di Bandung

Wisma Putra - detikNews
Selasa, 07 Des 2021 13:28 WIB
Eksekusi lahan milik PT KAI.
Foto: Eksekusi lahan milik PT KAI (Wisma Putra/detikcom).
Bandung -

Pengadilan Negeri (PN) Bandung melakukan eksekusi terhadap 11 unit rumah yang merupakan aset PT Kereta Api Indonesia (KAI) di Jalan Jawa, Kota Bandung.

Pantauan detikcom, Selasa (7/12/2021) siang, sejumlah barang-barang yang ada di dalam rumah tersebut dikeluarkan petugas PN Bandung dan diangkut menggunakan sejumlah truk. Selain itu, para petugas juga melakukan pemasangan seng penutup sebagai tanda rumah tersebut sudah dikosongkan.

"Hari ini, 7 Desember 2021 Pengadilan Negeri Kota Bandung melakukan eksekusi 11 rumah milik perusahaan PT Kereta Api, ini aset PT Kereta Api," kata Manager Humas Daop 2 Bandung Kuswardoyo di lokasi eksekusi.

Kuswardoyo mengungkapkan dari tahun 2015 PT KAI sudah melakukan langkah persuasif, agar penghuni segera mengosongkan aset milik PT KAI itu.

"Justru mereka layangkan gugatan kepada PT Kreta Api. Tahun 2016 menyatakan aset tersebut milik PT Kreta Api (dan penggugat) untuk mengembalikan ke PT Kereta Api," ungkapnya.

Penggugat malah melayangkan banding pada saat itu juga dan keluar lagi putusan yang memenangkan PT KAI dan menguatkan putusan pertama.

"Mereka lakukan opsi terkahir, lakukan PK ke Mahkamah Agung, PK itu ditolak Mahkama Agung, pada April keluar agar mengosongkan aset milik PT Kreta Api dan hari ini diekseskusi Pengadilan Negeri Bandung," katanya.

Kuswardoyo menyebut PT KAI memang harus memanfaatkan aset BUMN yang ada semaksimal mungkin untuk kepentingan perusahaan. "Aset ini akan digunakan untuk kantor PT Kreta Api, 11 rumah ini ada di Jalan Jawa nomor 30, 32, 38, 40, 42, 44, 46, 50, 52 dan 54," pungkasnya.

Simak juga 'Wajah Baru Taman dan Pedestrian di Bandung yang Direvitalisasi':

[Gambas:Video 20detik]



(wip/mso)