Pengakuan Komplotan Perampok ke Polisi, Incar Selebriti yang Pamer Harta

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selasa, 07 Des 2021 11:45 WIB
Komplotan perampok bank di Karawang ditangkap
Foto: Komplotan perampok bank di Karawang ditangkap (Dony Indra Ramadhan/detikcom).
Bandung -

Pamer kemewahan di media sosial ala selebritis tanah air ternyata mengundang niat jahat. Hal itu diketahui dari komplotan perampok bank swasta di Karawang yang hendak merampok selebiritis bila tak tertangkap polisi.

Pengakuan itu muncul dari tujuh orang pelaku perampokan bank Maybank Karawang yang ditangkap Polda Jabar. Kepada penyidik, para pelaku bertutur akan menjalankan aksi lanjutan dengan target seleb.

"Hasil penyelidikan, mereka rencananya setelah ini (perampokan bank di Karawang) mempunyai target selebriti di Jakarta," ujar Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi A Chaniago, Selasa (7/12/2021).

Erdi tak menyebut siapa sosok selebritis yang jadi target sasaran komplotan tersebut. Namun yang pasti, kata Erdi, komplotan ini melihat aktivitas calon target di media sosial.

"Masih diselidiki. Belum bisa disampaikan. Tapi mereka melihat vlog YouTube salah satu selebriti yang menampilkan aktivitas. Itu sudah dibaca oleh mereka," kata Erdi.

Hal ini diperkuat dengan keberadaan mereka usai menjalankan aksi perampokan di Karawang. Mereka berpencar baik di Jakarta, Tangerang hingga Sumatera Selatan.

"Jadi setelah hal ini terungkap, mereka berpencar ada yang ke Jakarta, Palembang dan ke Tangerang," tutur dia.

Rencana mereka batal. Komplotan yang sudah beraksi di beberapa negara Asia ini diringkus jajaran Polres Karawang dan Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jabar.

"Bisa kita ungkap kejahatan mereka," katanya.

Sebelumnya, sebuah bank swasta di Kabupaten Karawang dirampok. Uang ratusan juta dibawa kabur pelaku.

Peristiwa perampokan tersebut terjadi di Bank Maybank di kawasan Bukit Indah, Kabupaten Karawang pada Jumat (26/11/2021) siang sekitar pukul 11.00 WIB.

Ada tujuh orang pelaku yang diamankan Polres Karawang dibekup Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jabar. Ketujuh orang tersebut yakni CN, CA, MS, WCP, DY, AS dan DH. Mereka diketahui merupakan residivis.

Simak juga 'Perampok Gudang Rokok Solo Tega Bunuh Satpam Gegara Dendam':

[Gambas:Video 20detik]



(dir/mso)