Lelang Harley, Dony Salmanan Donasi Rp 2 M untuk Bencana Semeru-Garut

Wisma Putra - detikNews
Senin, 06 Des 2021 15:56 WIB
YouTuber Doni Salmanan lelang Harley Davidson untuk donasi Semeru
YouTuber Doni Salmanan lelang Harley Davidson untuk donasi Semeru (Foto: Istimewa)
Bandung -

YouTuber Doni Salmanan kembali melelang salah satu tunggangannya demi membantu sesama. Kali ini, moge Harley Davidson Road Glide Spesial 2021 yang dilelangnya. Uang hasil lelang itu akan didonasikan untuk korban bencana Gunung Semeru di Lumajang, Jatim dan banjir bandang di Garut, Jabar.

Doni membuka lelang di Instagram pribadinya @donisalmanan dan berakhir pada Minggu (5/12). Moge itu berhasil terjual dengan harga Rp 2,05 miliar yang diketahui ditebus oleh seorang warga Malang.

"Kalau untuk individu sebenarnya saya bisa ngejual motor itu sendiri dengan harga di bawah harga beli. Tapi jika dilelangkan, kenyataannya motor yang terjual lebih mahal dari harga yang saya beli. Saya sangat bersyukur Harley Davidson saya bisa laku terjual Rp2,05 miliar," ujar Doni Salmanan, Senin (6/12/2021).

Pebisnis muda ini memastikan akan mendonasikan seluruh hasil lelang tersebut kepada korban bencana di Lumajang dan Garut. Ia berharap banyak pihak juga yang ikut terinspirasi.

"Harapan saya semoga lelang seperti ini bisa membantu sesama masyarakat dan bisa memberikan contoh dalam berbuat baik," harapnya.

Ia mengaku tak menyesali melepas moge miliknya ini meski belum lama dibelinya. Ia merasa sudah terpenuhi hasratnya pernah memiliki Harley Davidson Road Glide.

"Awalnya saya membeli motor Harley Davidson Road Glide ini hanya karena penasaran saja karena selama saya mengoleksi moge (motor gede), saya gak pernah punya Harley Davidson Road Glide. Setelah saya membelinya, rasa penasaran itu sudah terobati. Dan karena motornya jarang banget di pakai karena berat untuk dipakai harian, jadi saya lebih memilih untuk dilelangkan demi amal kebaikan," ungkap pemuda asal Bandung ini.

Aksi lelang moge untuk donasi bukan pertama kalinya dilakukan Doni. Ia pernah melelangkan motor Yamaha R1M yang laku terjual mencapai Rp 830 juta. Secara keseluruhan dana tersebut dijadikan 3.000 paket sembako untuk warga terdampak pandemi.

(wip/mud)