Jembatan Merah, Spot Baru untuk Menikmati Keindahan Pantai Pangandaran

Faizal Amiruddin - detikNews
Minggu, 05 Des 2021 11:19 WIB
Pangandaran -

Pembangunan jembatan penghubung antara pelabuhan pendaratan ikan Cikidang dengan kawasan Pantai Timur Pangandaran membawa efek ganda. Selain menjadi sarana penunjang aksesibilitas warga, keberadaan Jembatan Cikidang-Pantai Timur juga menjadi daya tarik bagi wisatawan pantai Pangandaran. Kawasan ini menjadi salah satu spot wisatawan untuk menghabiskan waktu melihat keindahan alam Pantai Pangandaran.

Di kalangan anak muda Pangandaran dan wisatawan, Jembatan Cikidang-Pantai Timur dikenal dengan sebutan 'Jembatan Merah'. Sebutan itu merujuk kepada cat dinding jembatan yang diberi warna merah.

Kawasan Jembatan Merah ini biasanya ramai di pagi dan sore hari. Jika di pagi hari, wisatawan disuguhi panorama matahari terbit yang mempesona. Cahaya kuning kemerahan menyinari keindahan alam di pantai. Dari ketinggian jembatan wisatawan bisa menyaksikan hiruk pikuk aktivitas nelayan di pelabuhan pendaratan ikan Cikidang.

Wisatawan yang gemar jogging di pagi hari biasanya menjadikan kawasan Jembatan Merah ini sebagai tujuan. Dari hotel tempat menginap yang umumnya berada di sekitar pantai barat dan timur, mereka berlari atau jogging menyusuri pantai timur dan finish di tempat ini.

Jembatan Merah PangandaranJembatan Merah Pangandaran Foto: Faizal Amiruddin

Pulangnya menu-menu sarapan atau jajanan bisa dijajal untuk mengganjal perut. Satu yang paling terkenal adalah Surabi Abah yang berada dekat pasar ikan pantai timur. Melahap surabi dan gorengan, ditemani secangkir teh panas dan pemandangan debur ombak acapkali menjadi pilihan favorit wisatawan di pagi hari.

Suasana tak kalah menarik juga terjadi di sore hari. Meski tak mendapatkan panorama sunset, tapi suasana di sekitar Jembatan Merah ini tetap menarik. Jika sore hari, daya tarik di kawasan ini digantikan oleh kehadiran anak-anak pantai Pangandaran yang bermain papan selancar atau surfing. Anak pantai yang sedang berlatih, justru menjadi atraksi menarik bagi wisatawan. Suasana syahdu menjelang senja, kerap kali membuat wisatawan betah berlama-lama hingga langit gelap.

Sumiati salah seorang wisatawan dari Banjaranyar Ciamis mengaku terkesan dengan keindahan kawasan jembatan Merah ini. "Bagus, pas saya video dari arah jembatan bagus sekali kelihatan view pantainya," kata Sumiati, Jumat (3/12/2021) sore. Dia juga mengatakan kehadiran anak pantai Pangandaran yang sedang bermain surfing turut menambah keindahan. "Biasanya nggak ada, tapi sekarang jadi ramai anak-anak bermain surfing. Lebih seru jadinya," kata Sumiati.

Pembangunan jembatan Merah atau jembatan Cikidang-Pantai Timur ini merupakan bagian dari rencana besar Pemerintah Kabupaten Pangandaran membangun jalan lintas pantai. Dari jembatan dan jalan ini, nantinya wisatawan bisa terus menyusuri pantai. Mulai dari pantai Pangandaran, pantai Pamugaran, pantai Karangtirta, pantai Batuhiu, pelabuhan Bojongsalawe, pantai Batukaras sampai akhirnya di pantai Madasari.

Jembatan Merah ini juga kini sudah bisa menjadi pintu masuk wisatawan yang hendak berwisata ke pantai Pangandaran. Pemkab Pangandaran telah mengoperasikan karcis masuk di sekitar jembatan itu. Sehingga jalan ini bisa menjadi akses masuk alternatif ke pantai Pangandaran selain gerbang utama.

(mso/mso)