Reuni 212 Batal Digelar di Masjid Az Zikra, 1.500 Petugas Lakukan Penyisiran

M. Sholihin - detikNews
Kamis, 02 Des 2021 13:05 WIB
Petugas gabungan melakukan pengamanan di sekitar Masjid Az Zikra.
Foto: Petugas gabungan melakukan pengamanan di sekitar Masjid Az Zikra (M. Sholihin/detikcom).
Bogor -

Reuni 212 batal digelar di Masjid Az Zikra Sentul, Bogor. Hal itu karena pihak tuan rumah tidak memberikan izin. Meski begitu polisi tetap melakukan pengamanan mencegah terjadinya kerumunan.

1.500 petugas gabungan disiagakan di sekitar kawasan Masjid Az Zikra Sentul, Kabupaten Bogor, Kamis (2/12/2021). Petugas gabungan TNI, POLRI, Satpol PP dan Dishub Kabupaten Bogor disiagakan di sejumlah titik penyekatan menuju Masjid Az Zikra.

"Meskipun sesuai berita tidak ada reuni di Masjid Az Zikra, kami tetap lakukan antisipasi kerumunan massa yang akan ke Az Zikra. Sehingga sejak pagi ini, kita tambah kekuatan lagi. 1.500 personel gabungan bersiaga hari ini," kata Kapolres Bogor AKBP Harun ditemui di kawasan Masjid Az Zikra Sentul, Kamis (2/12/2021).

Harun menjelaskan, proses antisipasi juga dilakukan sejak Rabu (1/12/2021). Setiap titik yang dianggap rawan dijadikan titik kumpul massa reuni 212, disisir dan terus dilakukan pemantauan.

"Sejak kemarin kita lakukan pemantauan, kita sisir lokasi-lokasi yang dianggap akan dijadikan tempat kumpul massa reuni 212. Sejak semalam sudah steril, tidak ada kumpul-kumpul massa, sejauh ini belum ada kumpul-kumpul massa," kata Harun.

"Kita pantau sampai malam tadi, mulai dari masjid di Gadog, Megamendung, masjid Amaliah Ciawi, masih terpantau sepi, tidak ada kumpul-kumpul," tambahnya.

Harun menambahkan, 1.500 petugas gabungan bersiaga di sejumlah titik penyekatan di sekitar kawasan Sentul, Kabupaten Bogor.

Sedikitnya ada 4 titik pusat penyekatan di sekitar kawasan Sentul, Bogor. Di antaranya, selepas Gerbang Tol Sentul Selatan, Simpang Karimata jelang GT Jagorawi dan BORR, Akses utama menuju Masjid Az Zikra.

"Penyekatan juga dilakukan di jalur-jalur alternatif, ini untuk antisipasi massa yang nekat nasuk ke Az Zikra lewat jalur belakang," tambah Harun.

Harun menegaskan, apabila ditemui massa yang akan mendatangi Masjid Az Zikra maka akan diputar balik. Karena sudah diinformasikan bahwa tidak ada kegiatan reuni 212 dan semacamnya di Masjid Az Zikra, Sentul, Bogor.

"Jadi apabila ada massa maka akan kita putar balikan. Tidak ada kegiatan di Az Zikra," kata Harun menegaskan.

Namun demikian, kata Harun sampai siang ini belum terpantau adanya pergerakan massa yang nekat menuju Masjid Az Zikra Sentul.

"Sejauh ini enggak ada pergerakan massa yang ke mesjid Az Zikra, karena memang di sana kan tidak ada kegiatan, kita di sini lakukan antisipasi," ujar Harun.

Simak Video: Walau Reuni 212 Batal, Polisi Tetap Sekat Akses Menuju Az Zikra

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)