Reuni 212 Batal Digelar di Masjid Az Zikra, Polisi Tetap Lakukan Pengamanan

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Kamis, 02 Des 2021 10:56 WIB
Bandung -

Reuni 212 yang rencananya diselenggarakan di Masjid Az Zikra, Sentul, Kabupaten Bogor batal digelar lantaran pemilik rumah tak mengizinkan. Kendati demikian, polisi tetap melakukan pengamanan.

"Ya tetap dong disiapkan. Tapi itu bukan untuk reuni juga. Tapi memang untuk Kamseltibcar lancar saja," ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi A Chaniago kepada wartawan, Kamis (2/12/2021).

Erdi menyebut sejak adanya penolakan dari pengurus masjid Az Zikra, dia menyebut tak ada kegiatan di lokasi. Namun, sambung dia, apabila anggota menemukan kerumunan akan ditanyakan keperluannya.

"Karena tidak ada kegiatan ya memang tidak ada kegiatan. Tapi ketika memang ada ini tentunya akan kita tanyakan kepada mereka mau kemana," tutur dia.

Yayasan Az Zikra tidak memberikan izin untuk Reuni 212 di Masjid Az Zikra, Sentul, Kabupaten Bogor. Penolakan izin itu lantaran Az Zikra dalam suasana duka atas wafatnya Muhammad Ameer Adz Zikro.

Hal itu disampaikan yayasan Az Zikra melalui surat yang ditujukan kepada Ketua Panitia Reuni 212, Eka Jaya. Surat itu telah dibenarkan oleh Tim Media Az Zikra saat dikonfirmasi detikcom.

"Sehubungan dengan suasana berduka atas wafatnya ananda Ustadz Muhammad Ameer Adz Zikro, putra kedua dari Almarhum KH Muhamamad Arifin Ilham, atas permintaan dari Pihak Keluarga (Ummi Yuni Al Waly) - ibunda dari Ustadz Muhammad Ameer Adz Dzikro, serta Hasil Musyawarah bersama antara Dewan Syariah, Dewan Pembina dan Dewan Pengawas Yayasan Az Zikra, maka diputuskan untuk sementara waktu Majelis Az Zikra tidak menerima kegiatan apapun yang diadakan oleh Pihak Eksternal," bunyi surat tersebut seperti dilihat detikcom, Rabu (1/12/2021).

Surat itu ditandatangani oleh Ketua Yayazan Az Zikra, H Khatib Kholil, pada hari ini. Surat ini juga ditandatangani atas nama keluarga Ummi Yuni Al Waly.

Sementara itu, Kapolda Jabar Irjen Suntana mengaku telah menerima surat pengajuan perizinan pelaksanaan reuni 212 di Az Zikra.

"Panitia 212 telah mengajukan izin kegiatan reuni di Az Zikra, Bogor. Tapi, baru saja saya mendapatkan surat dan informasi, Pesantren Az Zikra juga menolak," kata Kapolda Jabar Irjen Suntana kepada awal media di Markas Ditpolairud Polda Jabar, Kota Cirebon, Rabu (1/12/2021).

(dir/mso)