Ribuan Orang dari Karawang Hadiri Reuni 212 di Jakarta Hari Ini

Yuda Febrian Silitonga - detikNews
Kamis, 02 Des 2021 10:25 WIB
Massa Reuni 212 berdatangan dari arah Tanah Abang ke Sarinah, Kamis (2/12/2021)
Foto: Reuni 212 di Jakarta (M Hanafi Aryan/detikcom)
Karawang -

Front Persaudaraan Islam (FPI) dan Forum Aktivis Islam (FAIS) Karawang memastikan ribuan massa hadiri reuni 212 di Jakarta hari ini.

Ketua DPW FPI Karawang Tomi Miftah Faried mengatakan akan ada banyak massa dari Karawang untuk hadir dalam reuni 212. "Seperti reuni 212 sebelumnya, kami memprediksi ada lebih dari 2.000 massa yang berangkat," kata Tomi saat dihubungi melalui telepon selular, Kamis (2/12/2021).

Dia menyebut mayoritas massa yang berangkat bukan hanya dari elemen FPI dan ormas islam lainny, tapi dari elemen warga lainnya.

"Jadi kalau dari elemen FPI paling 10 persennya, kebanyakan yang berangkat itu dari elemen masyarakat biasa. Mereka berangkat ada yang pakai angkutan umum, kendaraan pribadi dan ada yang juga sewa bus," ungkapnya.

Sementara itu, Koordinator Forum Aktivis Islam (FAIS) Sunarto juga memastikan anggotanya ikut hadir dalam reuni 212.

"Agendanya adalah silahturahmi dan mengenang ukhuwah islamiyah dari berbagai ormas yang pernah bersama-sama dalam membela kemuliaan Al-Quran dan kemuliaan Islam, maka Insyaa Allah kami akan hadir," ujar Sunarto saat dikonfirmasi.

Dia menambahkan, sebelum berangkat ke reuni 212, pihaknya telah menggelar doa bersama. "Kami juga mengelar doa bersama di majelis, agar kegiatan berjalan lancar," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, meski dilarang oleh Satgas COVID-19 dan tidak dapat izin dari Polda Metro Jaya, massa Reuni 212 tetap hendak ke kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat (Jakpus).

Massa mulai meramaikan sejumlah titik di kawasan Kebon Sirih, Jakpus. Pantauan detikcom, Kamis (2/12/2021), pukul 06.35 WIB, tampak sejumlah massa Reuni 212 di Jalan Kebon Sirih, Jakpus. Mayoritas dari mereka mengenai pakaian berwarna putih.

Selain itu, beberapa di antaranya menggunakan peci. Ada pula yang mengikatkan kain di kepalanya.

(mso/mso)