Jabar Hari Ini: Perlawanan Eks Suami Valencya-Buruh Ancam Mogok Kerja

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 01 Des 2021 20:39 WIB
Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) masih belum menetapkan upah minimum kabupaten/kota (UMK) 2022 hingga Selasa (30/11/2021) pukul 23.00 WIB.
Foto: Buruh jabar memantau penetapan UMK 2022 hingga larut malam (Yudha Maulana/detikcom).

Cianjur Bentuk Satgas Kawin Kontrak dan Siri

Bupati Kabupaten Cianjur, Herman Suherman mengklaim sudah membentuk Tim Satgas nikah siri dan kawin kontrak. Hal itu dilakukan agar perempuan terlindungi dan kasus Sarah yang dibunuh pria Arab tak terulang.

"Tim yang terlibat yakni mulai dari Camat, kepala desa, RW, RT, hingga tokoh masyarakat di setiap wilayah," ujar Herman, Rabu (1/12/2021).

Menurutnya, tim tersebut bertugas untuk mensosialisasikan serta melakukan pengawasan tentang dampak negatif dari nikah siri hingga larangan kawin kontrak.

"Sudah jelas kalau kawin kontrak kita ada Peraturan Bupati (Perbup) yang wajib disosialisasikan kepada masyarakat. Malah kita lebih kuat ada tim sosialisasi. Tapi tidak hanya kawin kontrak, nikah siri juga harus disosialisasikan dampaknya supaya bisa diminimalisir,"ungkapnya.

Herman mengaku, saat ini tim penanganan kawin kontrak sudah mulai berjalan, namun belum maksimal akibat pandemi Covid-19.

"Kita sudah jalan, namun kemarin adaCovid-19 kita berhenti dulu. Tapi kita dengan statusCianjur sekarang yang mulai membaik kita maksimalkan lagi," ucap dia.