Rawan Tumbang, 7 Pohon Pinus di Cigendel Sumedang Ditebang

Nur Azis - detikNews
Rabu, 01 Des 2021 17:14 WIB
Sejumlah pohon di Sumedang ditebang karena membahayakan pengendara
Sejumlah pohon di Sumedang ditebang karena membahayakan pengendara (Foto: Nur Azis)
Sumedang -

Petugas gabungan melakukan penebangan pohon rawan tumbang di kawasan Jalan Raya Sumedang-Bandung atau tepatnya di kawasan jalur Cigendel-Cadas Pangeran. Penebangan dilakukan sebagai upaya antisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas akibat pohon tumbang.

Polisi Teritorial Resort Polisi Hutan (RPH) Rancakalong Acep Sopian menyebutkan berdasarkan hasil pendataan petugas tercatat ada 32 pohon yang terinventarisir rawan tumbang di kawasan jalur Cigendel-Cadas Pangeran.

"Pohon-pohon itu (rawan tumbang) didominiasi oleh pohon pinus dan lima pohon diantaranya pohon antoteka (mahoni)," ungkap Acep kepada detikcom di lokasi, Rabu (01/12/2021).

Acep mengatakan dari 32 pohon yang terrinventarisir rawan tumbang, ada 7 pohon pinus diantaranya terpaksa ditebang sebagai upaya antisipasi dan pencegahan terhadap kecelakaan lalulintas yang diakibatkan pohon tumbang.

"Ada 7 pohon pinus yang menjadi skala prioritas untuk ditebang kawasan Cigendel Cadas Pangeran, mengingat musim hujan dan angin sering terjadi akhir-akhir ini," terangnya.

Petugas gabungan yang terlibat dalam penanganan pohon rawan tumbang diantaranya petugas dari RPH Rancakalong, petugas dari Polres dan Polsek Sumedang, Koramil, BPBD Sumedang dan Satpol PP.

"Penebangan pohon ini harus dilakukan karena berdasarkan laporan dari Kepala Desa, Camat, Polsek agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," ungkapnya.

Dari pantauan detikcom di lokasi, kegiatan penebangan yang dilakukan sejak pagi ini, baru selesai sekitar pukul 14.30 WIB.

Sebelumnya, Seorang pemotor nyaris tertimpa dua pohon pinus yang tumbang di Jalan Raya Sumedang - Cirebon atau di kawasan Cigendel, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang pada Rabu (17/21/2021).

Meski selamat namun pemotor itu sempat terjatuh lantaran kaget akibat pohon pinus yang nyaris menimpanya.

Amir (43), warga setempat menuturkan peristiwa pohon tumbang terjadi sekitar pukul 19.00 WIB.

"Jadi sejak pagi diguyur hujan terus, pas hujan mulai sedikit reda, pohon-pohon itu tumbang," ujarnya kepada detikcom, Rabu (17/21/2021).

Ia mengatakan, pohon yang tumbang diantaranya dua pohon pinus disertai pohon bambu yang ada disebelahnya. Selain pohon-pohon itu menutup akses jalan, rimbunanan ranting dari pohon bambu sempat menimpa seorang pengendara motor hingga terjatuh.

"Iya ada satu pengendara motor yang sempat terjatuh karena tertimpa ranting-ranting dari pohon bambu," terangnya.

Melihat kejadian itu, ia bersama warga yang ada di lokasi pun langsung membantu pengendara motor tersebut.

"Alhamdulillahnya selamat tidak kena pohon pinusnya, pengendara itu pun masih bisa melanjutkan perjalanannya," ungkapnya

(mud/mud)