Dikelilingi Bangunan Bersejarah, Alun-alun Kota Bogor Segera Diresmikan

M Solihin - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 19:40 WIB
Alun-alun Kota Bogor akan diresmikan akhir tahun
Alun-alun Kota Bogor akan diresmikan akhir tahun (Foto: M Solihin)
Bogor -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ditemani Wali Kota Bogor Bima Arya meninjau lokasi proyek pembangunan Alun-alun Kota Bogor yang berlokasi di lahan eks Taman Topi Bogor, Jalan Kapten Muslihat, Kota Bogor, Selasa (30/11/2021). Rencananya, Alun-alun pertama di Kota Bogor ini diresmikan pada pertengahan Desember.

"Kontribusi Pemerintah Provinsi Jawa Barat kan terwujud yah, di Kota Bogor ada Bogor Creatif Center, saya hibahkan untuk Pak Wali, untuk anak muda di Bogor. Kemudian ada aspirasi terkait alun-alun yang dilahirkan di jaman pemerintahan Kang Bima, kita support, Alhamdulillah tidak kena recofucing," kata pria yang biasa di sapa Kang Emil ini usai memutari lokasi proyek pembangunan Alun-alun Kota Bogor, Selasa (30/11/21).

Emil menyebut, Alun-alun Kota Bogor akan menjadi Alun-alun yang menarik karena berada diantara bangunan bersejarah dan titik pemberhentian transportasi massal. Desainnya juga dibuat dengan gaya modern sehingga akan menambah daya tarik untuk masyarakat.

"Desainnya juga luar biasa, karena Pak Gubernur sendiri yang mendesain, dan yang paling istimewa adalah tetangga-tetangganya, tidak banyak di republik ini ada alun-alun di samping stasiun kereta api jaman sejarah, yang dibuat 1881, kemudian ada masjid agung," kata Emil.

"Jadi orang luar dimotivasinya agar datang dengan naik kereta. Jadi begitu keluar dari kereta langsung disambut oleh alun-alun yang luar biasa, Seperti di luar negeri, sehingga saya doakan, rakyat Kota Bogor makin bahagia, progresnya juga luar biasa, terus dukung pembangunan di Kota Bogor," imbuhnya.

Bima Arya menambahkan, alun-alun pertama di Kota Bogor ini dinamakan Alun-alun Kota Bogor. Untuk peresmian nya rencananya dilakukan pada pertengahan Desember 2021.

"Peresmiannya nanti diatur jadwalnya, pertengahan Desember. Untuk progres pembangunannya sekarang sudah 84 persen, bisa lah selesai sebelum akhir tahun," kata Bima Arya.

(mud/mud)