Jabar Hari Ini: Massa Buruh Cari Ridwan Kamil-PSI Sentil Pemkot Bandung

Tim detikcom - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 21:09 WIB
Demo buruh di Bandung.
Foto: Demo buruh di Bandung (Yudha Maulana/detikcom).
Bandung -

Beragam peristiwa terjadi di Jawa Barat hari ini, Senin (29/11/2021). Mulai dari ribuan buruh gelar aksi unjuk rasa di depan Gedung Sate hingga PSI kritik belanja pegawai Kota Bandung lebih besar dari Surabaya.

Berikut rangkuman beritanya:

Massa Buruh Pertanyakan Keberadaan Ridwan Kamil

Ribuan buruh menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung Sate mendesak Gubernur Jabar Ridwan Kamil agar menetapkan UMK sesuai rekomendasi daerah. Mereka juga mempertanyakan keberadaan Ridwan Kamil tak menemui buruh yang menggelar aksi.

Buruh juga membandingkan respon Ridwan Kamil dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang datang dan duduk bersama dengan buruh di depan Gedung Balaikota DKI Jakarta pada Senin siang.

"Hari ini Gubernur DKI Jakarta menemui massa buruh di Jakarta, hari ini Gubernur Jabar Ridwan Kamil tidak datang menemui buruh, kemana gubernur?" teriak salah seorang orator, Senin (29/11/2021).

Sementara itu, kericuhan sempat terjadi ketika massa aksi mendorong pagar Gedung Sate hingga roboh hari ini, sekitar pukul 16.30 WIB. Sebagian massa yang berunjuk rasa sejak siang hari, mencoba merangsek masuk ke kantor Gubernur Jawa Barat.

Melihat kejadian tersebut, petugas kepolisian yang sejak tadi bersiaga segera melakukan antisipasi. Massa pun dihalau di halaman Gedung Sate, sehingga tak masuk lebih jauh, barikade buruh pun turun tangan untuk menenangkan sebagian peserta aksi yang merangsek ke dalam.

"Tenang... Tenang...," teriak orator dari atas mobil berpengeras suara.

Petugas kepolisian dan internal Gedung Sate pun kemudian bersiaga di depan satu blok pagar yang roboh tersebut, sambil menutup celah dari blok pagar yang roboh tersebut.

Pada pukul 16.40 WIB situasi kembali bisa dikendalikan, walau begitu hujan deras masih mengguyur.

Seperti diketahui, ribuan buruh yang berasal dari berbagai serikat pekerja di Jabar mengepung kantor Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung.

Mereka menuntut agar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menetapkan upah minimum kabupaten/kota sesuai dengan rekomendasi daerah. Mereka juga mendesak agar UU Cipta Kerja juga dicabut.

"Ridwan Kamil sekarang sedang diuji nyali, apakah akan menetapkan upah yang berpihak kepada buruh, menyejahterakan pekerja atau tidak," ujar salah seorang orator.