Libur Nataru, Wisata di Bandung Barat Direkomendasikan Tetap Buka

Whisnu Pradana - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 12:12 WIB
Saat ini Kabupaten Bandung Barat (KBB) berada di zona merah atau risiko tinggi penyebaran COVID-19. Namun, warga tetap memadati objek wisata di kawasan Lembang.
Objek wisata di Lembang, Kabupaten Bandung Barat. (Foto: Whisnu Pradana/detikcom)
Bandung Barat -

Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) serta penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat bakal tetap mengizinkan objek wisata (obwis) untuk buka atau beroperasi.

Sekadar diketahui, pemerintah bakal menerapkan PPKM Level 3 secara serentak mulai 24 Desember 2021 hingga 6 Januari 2022. Hal itu dituangkan dalam Inmendagri Nomor 62 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19 pada saat liburan Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022.

Sekda KBB Asep Sodikin mengatakan objek wisata akan tetap dibuka saat libur Nataru. Beberapa alasannya yakni kasus COVID-19 di Bandung Barat saat ini sudah menurun, dan dalam Inmendagri terbaru soal PPKM Level 3 juga tidak tercantum soal penutupan objek wisata.

"Kalau PPKM Level 3 dulu objek wisata ditutup karena kasus COVID-19 tinggi, kalau sekarang kan rendah. Jadi tidak ditutup tapi dengan pengetatan saja. Itu yang sedang kita atur," ujar Asep, Senin (29/11/2021).

Terkait pengetatan tersebut jumlah pengunjung yang diizinkan masuk ke objek wisata tetap dibatasi 50 persen untuk mencegah potensi terjadinya kerumunan selama libur Natal dan Tahun Baru nanti.

"Kita harapkan ya tetap dibuka. Karena kalau ditutup juga tidak sesuai dengan kasusnya (COVID-19), kasusnya menurun masa mau ditutup," kata Asep.

Untuk saat ini pihaknya tengah menyiapkan surat edaran perihal izin pembukaan objek wisata di Bandung Barat saat akhir PPKM Level 3 nanti. Nantinya surat edaran tersebut bakal diedarkan kepada semua pengelola objek wisata.

"Ada surat edaran sedang disiapkan. Mudah-mudahan Senin atau Selasa sudah keluar," ucap Asep.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) KBB Heri Partomo mengatakan Pemkab Bandung Barat dan pengelola berharap objek wisata tetap dibuka meski ada penerapan PPKM Level 3. Apalagi kondisi sektor pariwisata saat ini sedang dalam masa perbaikan.

"Kunjungan wisatawan di Bandung Barat khususnya kawasan wisata Lembang kini mulai meningkat. Tapi pengelola tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan," kata Heri.

(bbn/bbn)