Banjir Setinggi 1,5 Meter Rendam Pemukiman di Dayeuhkolot

M Iqbal - detikNews
Minggu, 28 Nov 2021 15:01 WIB
Banjir terjang Dayeuhkolot Bandung, 28 November 2021
Foto: M Iqbal
Kabupaten Bandung -

Banjir kembali merendam sejumlah pemukiman di Desa Dayeuhkolot, Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung. Ketinggian air yang paling tinggi sekitar 1,5 meter.

Dari pantauan detikcom, sejumlah masyarakat kembali harus menggunakan perahu untuk pergi dan kembali ke rumah. Sebagian warga lainnya tengah berdiam diri di lantai atas rumahnya sembari berjemur.

Hendar salah satu warga setempat menuturkan, air dari Sungai Citarum kembali meluap ke pemukiman warga pada Minggu (28/11/2021) dini hari sekitar pukul 01.00 WIB.

"Kemarin seharian hujan terus, belum juga di kota. Pasti ke sini banjir," ungkapnya saat ditemui di lokasi banjir.

Hendar menuturkan, banjir kali ini merupakan banjir yang sering terjadi menjelang akhir tahun. Rumahnya pun sering terendam lebih tinggi daripada yang sekarang.

"Di sini biasanya juga tinggi bisa satu meter kurang. Cuman sekarang paling 50 centimeter. Kalau ke dalam udah sampe 1,5 meter sekarang," ucapnya.

Banjir terjang Dayeuhkolot Bandung, 28 November 2021Banjir terjang Dayeuhkolot Bandung, 28 November 2021 Foto: M Iqbal

Menurutnya, pembangunan yang tengah berjalan untuk mengatasi banjir dinilai belum optimal. Pasalnya, banjir masih kerap terjadi dan ketinggian airnya tetap sama.

"Berasa belum ngaruh sih. Harusnya ada pompa air sama retensi juga di sini," keluhnya.

Dirinya pun berharap, agar pemerintah lebih serius menangani banjir di Kabupaten Bandung. Pasalnya, sejumlah anggaran sudah dihabiskan untuk sejumlah proyek penanganan banjir.

Simak video 'Dampak Siklon Tropis Paddy di Wilayah Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]



(ern/ern)