Naik Sisingaan, Anis Matta dan Fahri Hamzah Tanam Pohon di Bandung

Wisma Putra - detikNews
Minggu, 28 Nov 2021 13:04 WIB
Bandung -

Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta dan Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah mendatangi Bandung, Minggu (28/11/2021). Keduanya diarak dengan kesenian Reak Manglayang sebelum menanam pohon di wilayah Cibiru.

Pantauan detikcom, Minggu (28/11/2021) sebelum tiba di lokasi penanaman pohon, Anis Matta dan Fahri Hamzah diarak oleh kesenian Reak Manglayang. Anis Matta naik Gagarudaan dan Fahri Hamzah naik Sisingan.

Anis mengatakan aksi penanaman 10 juta pohon serentak dilakukan oleh seluruh DPW Gelora se-Indonesia. Untuk Jawa Barat, 1 juta pohon akan ditanam hingga 2 tahun mendatang.

"Pagi ini kita berkumpul untuk nyatakan bahwa negara kita dan masyarakat dunia saat ini sudah memasuki situasi darurat iklim, mulai di Kampung Cikoneng kita mulai gerakan itu, dengan langkah sederhana dan bisa dilakukan semua orang menanam 10 juta pohon," kata Anis.

Anis menyebut, penanaman pohon ini dilakukan hingga dua tahun ke depan. "10 juta ini yang bisa dilakukan Partai Gelora. Program ditanamkan selama 2 tahun, satu orang kader bisa 20-25 batang pohon, ini kita lakukan sebagai bentuk cinta kita terhadap tanah air," sebutnya.

Kegiatan penanaman pohon ini menggandeng 40 NGO yang ada di wilayah Bandung. "Semoga dengan semangat kolaborasi ini, kami lakukan serentak di seluruh DPW di Indonesia, pohon ini kita sebut pohon gelora, walau jenis tanamannya beda-beda," ujarnya.

Anis menuturkan, perubahan iklim ini benar adanya. Contohnya saat ia melakukan kunjungan kerja ke Jawa Tengah dan Jawa Timur dan wilayah lainnya.

"Saya ke Jawa Tengah dan Jawa Timur, saya rasakan betul rasakan panasnya di atas rata-rata, Jogja juga bisa sampai 40 derajat celcius, yang di mana kita biasa rasakan saat haji atau umrah atau di saat berkunjung ke gurun," tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPW Gelora Jabar Haris Yuliana mengatakan, penanaman pohon yang dilakukan ini sebagai bentuk investasi masa depan bagi anak cucu kita nanti.

"Apa yang kita lakukan saat ini , investasi kita yang akan datang, ini gerakan besar, gerakan strategis dan gerakan perlawanan perubahan iklim yang insyaallah membawa perubahan bagi global dan khususnya di Indonesia," ujar Haris.

(wip/ern)