Tertimbun Longsor, Balita di Pasirjambu Bandung Meninggal Dunia

M Iqbal - detikNews
Minggu, 28 Nov 2021 10:35 WIB
Longsor di Pasirjambu Bandung tewaskan balita
Foto: istimewa
Kabupaten Bandung -

Seorang balita ditemukan meninggal dunia dalam rumahnya yang tertimbun longsor di Desa Cukang Genteng, Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Sabtu (27/11) malam. Korban pun sudah dikebumikan tadi pagi.

Ketua RW setempat Ahmad Saepuloh menuturkan, longsor terjadi sekira pukul 22.00 WIB. Saat kejadian, tiga penghuni rumah tengah berada di dalam rumah.

"Yang longsor ini menimbun rumah di bawah, ada 3 orang korban. 2 selamat, satu anaknya meninggal dunia," ucap Ahmad kepada detikcom, Minggu (28/11/2021).

Tiga penghuni rumah tersebut, di antaranya Nandi (23), Nur Kustia Nengsih (21) dan Meysa Nandia (2). Ahmad menjelaskan, tidak ada tanda-tanda retakan sebelum terjadi longsor.

Tiba-tiba saja, tebing di atas rumahnya longsor. Sang ayah sempat menyelamatkan diri. Namun nahas, ibu dan sang anak tidak sempat menyelamatkan diri karena tengah tertidur pulas.

"Posisi sedang di kamar, berdekatan dengan benteng. Posisi anak dan ibu di kamar bapa di luar. Belum tidur," ungkap Ahmad.

Perlu selama satu setengah jam untuk menyelematkan ibu dan anaknya. Nahas, sang anak yang masih berusia dua setengah tahun itu meninggal dunia.

"Hampir satu jam lebih langsing evakuasi korban karena tertimbun longsoran. Tapi sayang, anak balita tidak selamat," kata Ahmad.

Dari pantauan detikcom, rumah berbahan semi permanen itu sudah hancur lebur. Sejumlah barang berharga pun tidak terselamatkan karena tertimbun longsoran.

Saat ini, sejumlah warga tengah menyingkirkan runtuhan rumah warga. Korban pun sudah dikebumikan setelah dimandikan dan disalatkan terlebih dahulu.

Saat ini, penghuni rumah pun diungsikan terlebih dahulu ke rumah tetangga. Keluarga berharap, ada bantu untuk membangun kembali rumahnya.

"Kami berharap setelah selesai ini, pastinya membangun rumah warga korban kembali seperti semula," pungkasnya.

Simak juga 'Jalan-Jembatan di Tasik Putus Akibat Longsor dan Terjangan Air':

[Gambas:Video 20detik]



(ern/ern)