Satgas COVID Kota Bogor Razia Vaksinasi, Pejalan Kaki-Pesepeda Dicek

M Solihin - detikNews
Sabtu, 27 Nov 2021 13:26 WIB
Pejalan kaki hingga pesepeda dicek bukti vaksin di Bogor
Pejalan kaki hingga pesepeda dicek bukti vaksin di Bogor (Foto: M Solihin)
Bogor -

Satgas COVID-19 Kota Bogor menggelar razia vaksinasi di seputar kawasan sistem satu arah (SSA) atau pedestrian lingkar Kebun Raya Bogor dan Istana Bogor. Pejalan kaki dan pesepeda ditanyai bukti vaksin.

Pantauan detikcom di pedestrian lingkar Kebun Raya Bogor dan Istana Bogor nampak ratusan personil gabungan berjaga di titik tertentu di sepanjang pedestrian KRB. Setiap warga yang melintas, ditanyakan bukti telah vaksinasi.

Tidak hanya warga pejalan kaki dan bersepeda, wisatawan yang hendak berkunjung ke Kebun Raya Bogor dan sekitarnya juga tidak luput dari pemeriksaan petugas.

Sebagian besar warga yang diperiksa nampak memaklumi dan dengan sukarela memberikan bukti vaksinasinya, baik berupa bukti fisik maupun melalui situs peduli lindungi.

"Sebenarnya saya baru tahu ya ada razia vaksin, tapi itu bagus, memastikan semuanya aman karena sudah divaksin kan. Kebetulan kartu vaksin memang selalu saya bawa, jadi gampang, tinggal tunjukin saja," kata Suryadi warga asal Ciomas Bogor yang tengah berolahraga bersama istri dan anaknya, di pedestrian Kebun Raya Bogor, Sabtu (27/11/2021).

Selanjutnya, warga yang bisa menunjukan bukti telah divaksinasi maka dipersilahkan melanjutkan aktivitasnya. Mereka akan diberi stempel sebagai tanda lolos pemeriksaan dan bisa ditunjukkan ke petugas lain yang melakukan pemeriksaan.

Sementara warga dan wisatawan yang belum divaksin maka diarahkan untuk menjalani vaksinasi. Mereka yang terjaring diangkut menggunakan bus wisata unchal milik Kota Bogor dan dibawa ke sentra-sentra vaksinasi yang disediakan. Diantaranya yakni, sentra vaksinasi Siloam, sentra vaksinasi mall BTM dan sentra vaksinasi di halaman Balai Kota Bogor.

Seperti diketahui, Satgas COVID-19 Kota Bogor menetapkan Kawasan seputaran Sistem Satu Arah (SSA) dan sekitatnya sebagai Kawasan Wisata Wajib Vaksinasi. Langkah ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi lonjakan kasus menjelang dan setelah perayaan natal dan tahun, sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengingatkan kepada warga dan wisatawan yang akan berkunjung ke Kota Bogor harus sudah tervaksinasi. Sejumlah sentra vaksinasi disiapkan, jika ditemukan warga yang belum divaksinasi.

"Jadi kalau mau ke (Kota) Bogor silahkan, tapi ikuti aturan kita. Yang akan kita berlakukan adalah memastikan kawasan wisata ini semua hanya dimasuki oleh orang yang sudah divaksin," kata Bima kepada wartawan, Kamis (25/11/2021).

"Silahkan mau jalan-jalan, bepergian, berwisata di Kota Bogor, tetapi pastikan sudah divaksin dan membawa buktinya. Bisa melalui aplikasi peduli lindungi, atau bukti fisik lain yang menunjukan sudah di vaksin. Kalau belum di vaksin, tapi ingin jalan-jalan di Kota Bogor, silahkan divaksin dulu. Sudah disiapkan juga sentral-sentral vaksin," tambahnya.

Sementara Kapolresta Bogor Kota Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan, mulai 27 November 2021 diberlakukan kawasan wisata wajib vaksin. Kawasan ini meliputi pedestrian Seputaran Kebun Raya Bogor dan sentra-sentra kuliner yang berada disekitarnya.

Sebanyak 800 personil gabungan akan bersiaga untuk memastikan warga yang beraktivitas di seputaran SSA (Sistem Satu Arah) telah tervaksinasi.

(mud/mud)