Jajanan Pasar Racikan UMKM Pulo Geulis Disajikan di Hotel Mewah

M. Sholihin - detikNews
Rabu, 24 Nov 2021 14:07 WIB
Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim
Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim mencicipi makanan racikan pegiat UMKM. (Foto: M. Sholihin/detikcom)
Bogor -

Sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi perhatian Pemkot Bogor. Pangsa pasar mereka terus ditingkatkan. Daya jualnya pun ikut dituntun lebih berkelas.

Sebagaimana dilakoni para pelaku UMKM di Kampung Pulo Geulis, Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah. Melalui Pemkot Bogor, para pelaku UMKM di Pulo Geulis teken kerja sama dengan The 101 Hotel Suryakencana dan Panorama Group.

"MoU ini adalah kesepakatan pihak hotel 1O1 untuk membeli jajanan pasar. Jajanan ini nantinya bisa dimanfaatkan untuk kegiatan rapat-rapat atau bimtek yang diselenggarakan di hotel," kata Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim, Rabu (24/11/2021).

Dedie meminta agar pelaku UMKM tetap mengutamakan sisi higienis dan tidak menggunakan bahan-bahan berbahaya macam pengawet dan pewarna, termasuk menggunakan bahan yang food grade. "Kalau memang itu bisa, tentu tidak hanya (hotel) 1O1 yang mengkonsumsi atau membeli, tapi juga hotel lain di Kota Bogor juga. Nggak perlu mencari lagi ke Pasar Senen di Jakarta, tapi di Pulo Geulis ini juga ada produsen jajanan pasar," tuturnya.

"Untuk mendukung peningkatan produksi, YBM PLN juga memberi bantuan berupa alat-alat masak untuk para pelaku UMKM," ucap Dedie menambahkan.

Ketua UMKM Pulo Geulis Elly mengungkapkan ada sekitar 27 jenis produk UMKM yang menjadi khas di wilayah itu dengan nilai jual bervariatif.

"Tak hanya dipasarkan di hotel, produk jajanan di Pulo Geulis juga bisa menjadi buah tangan atau oleh-oleh bagi para wisatawan yang berkunjung di Kota Bogor. Sehingga ke depan, dengan kerja sama ini diharapkan mampu meningkatkan produk mereka ke level yang lebih tinggi lagi," tutur Elly.

Dia berharap pelaku UMKM di Pulo Geulis tetap bergeliat di tengah pandemi COVID-19. "Saya ingin warga di sini tambah maju, produknya lebih dikenal dan pendapatan juga tentunya meningkat," ujar Elly.

(bbn/bbn)