Siasat Jahat Penipu Modus 'Minta Tolong' di Pangandaran

Faizal Amiruddin - detikNews
Senin, 22 Nov 2021 16:41 WIB
Polisi menangkap pencuri motor di Pangandaran. Modus minta tolong jadi senjata pelaku saat beraksi.
Polisi menangkap pelaku penipuan yang beraksi di Pangandaran. (Foto: Faizal Amiruddin/detikcom)
Pangandaran -

Polisi menangkap pelaku penipuan atau penggelapan sepeda motor yang menyasar anak remaja sebagai korbannya. Kepada polisi, pria berinisial N (58), warga Pangandaran, itu mengaku sudah lima kali beraksi.

Semua motor korban diambil dengan serangkaian tipu daya yang dia lakukan. Korban terakhir, remaja berusia 17 tahun asal Pangandaran.

Saat itu, Sabtu (13/11) sore, korban mengendarai motor dengan tujuan jajan ke minimarket di Kalipucang. Di tengah perjalanan muncul pelaku yang berusaha menghentikan laju sepeda motor korban.

Pelaku saat itu meminta tolong dengan ekspresi memelas. "Dia mengaku sepeda motornya sedang diperbaiki di bengkel. Saya pun sempat ragu, tapi kasihan juga, akhirnya saya mau mengantarnya," kata korban saat melapor ke Mapolsek Kalipucang.

Setelah menumpang, pelaku kemudian melancarkan aksinya. Dia meminta korban mengantarnya ke beberapa titik dengan berbagai alasan. Mengaku minta diantar ke rumah dan kediaman mertua untuk mengambil kunci.

Terakhir, pelaku meminta diantar ke depan sebuah gang dengan alasan mau mengambil surat di rumah seorang teman. "Setelah dari gang dia menitipkan surat yang katanya baru diambil, kemudian meminjam motor karena mau menjemput istrinya yang sedang hamil. Saya disuruh menunggu, dari situ lalu menghilang," tutur korban.