Langgar Prokes, 2 Hotel di Pangandaran Diberi Sanksi

Faizal Amiruddin - detikNews
Minggu, 21 Nov 2021 14:53 WIB
Polisi memeriksa sebuah hotel di kawasan pantai Pangandaran
Polisi memeriksa sebuah hotel di kawasan pantai Pangandaran (Foto: Istimewa).
Pangandaran -

Polres Ciamis kembali melakukan penindakan terhadap hotel yang melanggar aturan PPKM, khususnya pelanggaran kapasitas pengunjung dan penerapan protokol kesehatan (Prokes). Di akhir pekan ini, ada 2 hotel di kawasan objek wisata Pantai Pangandaran yang dikenakan sanksi tindak pidana ringan (Tipiring) akibat melanggar aturan tersebut.

"Operasi pada Sabtu malam, kami menindak dua hotel dengan Tipiring karena telah melanggar Pasal 21 huruf (i) jo Pasal 34 Ayat (1) Perda Prov Jabar No 5 tahun 2021," ujar Kasat Samapta Polres Ciamis AKP Cecep Edi Sulaeman, Minggu (21/11/2021).

Cecep menjelaskan penindakan itu dilakukan setelah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah hotel yang ramai pengunjung di objek wisata pantai Pangandaran. Petugas gabungan yang terdiri dari TNI, Polri dan Satpol PP tersebut menyisir sejumlah hotel dan melakukan pemeriksaan.

"Selain tingkat kunjungan hotel maksimal 75 persen, kami juga memeriksa kesiapan hotel dalam menjalankan Prokes. Mereka yang ditindak harus menjalani sidang Tipiring di PN Ciamis," kata Cecep.

Dia menambahkan operasi yustisi ini akan dilakukan rutin dan bertujuan untuk menegakan disiplin protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Meskipun saat ini Kabupaten Pangandaran masuk PPKM Level 1, tetapi protokol kesehatan wajib untuk dijalankan, terlebih penyediaan sarana protokol kesehatan di area perhotelan.

"Kita harus tetap waspada terhadap bahaya penyebaran virus corona. Salah satunya dengan menjalankan protokol kesehatan dan melakukan suntik vaksin COVID-19. Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Mari kita lalui pandemi COVID-19 ini dengan aman dan sehat," kata Cecep.

Sementara itu suasana pantai Pangandaran di akhir pekan ini cukup ramai. Selain kehadiran wisatawan, di kawasan pantai Pangandaran juga digelar event Jabar International Marathon (JIM) 2021 di di Alun Alun Paamprokan Pangandaran.

Acara diikuti oleh ratusan peserta dan sejumlah pejabat. Di antaranya staf ahli Gubernur Jabar Bidang Ekonomi dan Pembangunan Berly Hamdani Gulung Sakti, Kadispora Provinsi Jabar Engkus Sutisna, Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata serta sejumlah pejabat lainnya.

"Semoga momentum JIM ini dapat menjadi pemicu kebangkitan dalam membangun kembali Jawa Barat. Khususnya Pangandaran sebagai salah satu destinasi wisata favorit. Bukan hanya di Jawa Barat tapi di Indonesia bahkan internasional," ucap Berly.

Berly menambahkan di Pangandaran ini sudah melekat satu brand yang luar biasa yaitu Jabar International Marathon. Tentu ini harus dijaga untuk selalu bisa terlaksana dengan baik dan lancar.

"Tentunya ini harus kita jaga untuk selalu bisa terlaksana dengan baik dengan lancar dan memberikan hasil yang maksimal baik kepada para atlet maupun kepada masyarakat pada umumnya," kata Berly.

Simak juga 'Jelang Akhir Tahun, Satgas Covid-19 Ungkap Kepatuhan Prokes Menurun':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)