Tetap Tenang Saat Diperiksa Polisi, Ada Apa dengan Yana?

Nur Azis - detikNews
Jumat, 19 Nov 2021 15:30 WIB
Yana Supriyatna saat menjalani pemeriksaan di Mapolres Sumedang.
Yana Supriyatna saat menjalani pemeriksaan di Mapolres Sumedang (Foto: Nur Azis/detikcom).

Pihak kepolisian pun belum dapat menetapkan pasal apa yang akan disangkakan kepada Yana karena masih dalam pemeriksaan.

"Pasal sendiri kami masih perlu koordinasi dengan pihak jaksa maupun ahli pidana dan masih perlu didalami keterangan dari yang bersangkutan terkait masalah baik dengan pihak keluarga dan pekerjaannya yang diduga ada unsur pidananya," pungkasnya.

Yana Supriatna (40), Warga Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan dikabarkan hilang secara misterius di Kawasan Jalan Cadas Pangeran pada Selasa (16/11/2021) malam.

Selain pesan suara kepada istrinya, Yana meninggalkan motornya di kawasan tersebut saat kejadian. Motor milik Yana bernomor Z 2333 AB ditemukan oleh keluarganya dalam posisi terparkir di pinggir Jalan Cadas Pangeran dengan keadaan stang yang terkunci. Motornya pun ditemukan tanpa mengalami kerusakan bersama helmnya.

Lokasi ditemukannya motor Yana berada di jalur bawah Jalan Cadas Pangeran yang berjarak sekitar 1,5 Kilometer dari mulai Patung Kornel atau memasuki kawasan Jalan Cadas Pangeran dari arah Bandung - Sumedang. Sementara dari arah Sumedang-Bandung, lokasinya berjarak sekitar 200 meter.

Motor Yana ditemukan ditepian jalan yang biasa dipakai oleh para pengendara sebagai tempat darurat saat kendaran mengalami kerusakan. Di lokasi tersebut, terdapat tebing dengan pepohonan cukup rimbun dengan jurang cukup dalam di sebrang jalannya.

Sementara pesan suara melalui whatsapp yang dikirim kepada istrinya, telah sukses membuat sibuk sejumlah pihak. Betapa tidak selain pesan suara, Yana juga sempat menghubungi istrinya yang mengabarkan bahwa dirinya sudah jatuh ke jurang Cadas Pangeran lantaran didorong oleh seseorang.

Kurniasih (46) istri Yana mengatakan, dirinya terakhir berkomunikasi dengan suaminya melalui telepon sekitar pukul 20.30 WIB pada Selasa (16/11/2021) malam, saat kejadian.

"Terakhir kontak itu Selasa malam jam 8.30 malam," kata Kurniasih kepada detikcom, Kamis (18/11/2021).

Saat itu, kata Kurniasih, ia menanyakan keberadaan lokasi suaminya.

"Saya tanya, 'ayah lagi dimana'," ungkap dia.

Kemudian suaminya pun menjawab dengan mengabarkan kepadanya bahwa sesuatu telah terjadi. Suaminya mengatakan bahwa dirinya jatuh ke jurang setelah didorong oleh seseorang di Cadas Pangeran.

"Ayah lagi di Cadas Pangeran, ayah ada yang dorong terus ayah ke jurang, terus ayah mau hanyut 'tapi kata ayah' nggak akan kuat sampai ke dasar," terang Kurniasih.

Percakapan tersebut, kata Kurniasih, menjadi percakapan terakhir dirinya bersama suaminya.

"Setelah percakapan itu telepon suami saya tidak bisa lagi dihubungi," ungkapnya.

Mengetahui hal itu, Tim gabungan dari berbagai pihak pun dikerahkan untuk mencari keberadaan Yana. Tidak tanggung-tanggung Basarnas dan Tim K-9 pun diterjunkan dihari ketiga pencarian.

Kasus menghilangnya Yana pun telah sukses menggegerkan publik jagat maya. Bahkan hingga kini masih trending topik di twitter.

Dari pantauan detikcom, hingga pukul 08.32 WIB, Jumat (19/11/2021), Tagar Yana masih terpopuler di twitter Indonesia. Ada 36,2 ribu yang memakai #yana.

Diposisi kedua, diduduki oleh tagar nirina dengan jumlah tagar 10 ribu. Sementara posisi tiga ditempati oleh tagar maljum dengan jumlah tagar 5 ribu.


(mso/mso)