Jejak Keberadaan Yana 'Cadas Pangeran' Sumedang yang Bikin Heboh

Yudha Maulana - detikNews
Jumat, 19 Nov 2021 12:40 WIB
Nama Jalan Cadas Pangeran diubah menjadi Tugu Yana
Meme prank hilangnya Yana di Cadas Pangeran, Sumedang (Foto: Tangkapan layar Instagram
Bandung -

Yana Supriatna (40), warga Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan membuat geger. Bagaimana tidak, ia dilaporkan hilang secara misterius di Cadas Pangeran, Kabupaten Sumedang, Selasa (16/11).

Yana sempat mengirimkan informasi kepada keluarganya dengan menyebutkan dirinya sedang salat isya kawasan Cadas Pangeran. Yana kemudian tidak memberikan kabar kembali dan sulit dihubungi. Kemudian keluarga menghubungi pihak kepolisian.

Polisi kemudian menemukan helm dan motornya terparkir di sekitar tebing. Motor milik Yana bernomor Z 2333 AB ditemukan oleh keluarganya dalam posisi terparkir di pinggir Jalan Cadas Pangeran dengan keadaan stang yang terkunci. Motornya pun ditemukan tanpa mengalami kerusakan bersama helmnya.

Lokasi ditemukannya motor Yana berada di jalur bawah Jalan Cadas Pangeran yang berjarak sekitar 1,5 Kilometer dari mulai Patung Kornel atau memasuki kawasan Jalan Cadas Pangeran dari arah Bandung-Sumedang. Sementara dari arah Sumedang-Bandung, lokasinya berjarak sekitar 200 meter.

Motor Yana ditemukan di tepian jalan yang biasa dipakai oleh para pengendara sebagai tempat darurat saat kendaraan mengalami kerusakan. Di lokasi tersebut, terdapat tebing dengan pepohonan cukup rimbun dengan jurang cukup dalam di seberang jalannya.

Tim SAR Bandung pun turun tangan dalam mencari Yana, anjing pelacak dilakukan. Bahkan, cara-cara spiritual di bawah jembatan pun dilakukan mendengar mitos angkernya Cadas Pangeran.

Setelah membuat geger selama beberapa hari, akhirnya Yana ditemukan juga. Ia ditemukan di daerah Dawuan, Majalengka.

"Yang bersangkutan telah kita amankan, barusan dari tim kita dari Satreskrim sudah mengamankan yang bersangkutan di daerah Dawuan," ungkap Kabag Ops AKP Hario Prasetyo kepada detikcom, Kamis (16/11).

Hario menyebutkan Yana ditemukan Jajaran Satreskrim Polres Sumedang sekitar pukul 16.00 WIB. Saat diamankan kondisi Yana dalam keadaan sehat dan saat ini sedang menjalani pemeriksaan oleh petugas Satreskrim.

"Masih sehat wal afiat, petugas masih melakukan pendalaman terhadap yang bersangkutan (Yana), yang bersangkutan masih diperiksa dan sudah dibawa ke sini," terangnya.

Hario menegaskan sejauh ini pihak kepolisian masih melakukan pendalaman dan pemeriksaan kepada Yana terkait kemungkinan-kemungkinan dalam kasus ini.

(yum/mso)