Jabar Hari Ini: Merokok di Braga Didenda-Netizen Posting Bandung Kumuh Diancam

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 16 Nov 2021 21:45 WIB
Warga Bandung ini mendapat ancaman usai posting foto soal KBU
Foto: Yudha Maulana

Bandel! Warga Merokok di Bawah Plang KTR Jalan Braga Bandung

Keberadaan plang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di Jalan Braga, Kota Bandung nampaknya hanya menjadi hiasan saja. Sebab, warga masih merokok di kawasan tersebut.

Pantauan detikcom, hari ini sejumlah warga masih merokok di bawah plang 'Kawasan Tanpa Rokok' yang berada di persimpangan Jalan Braga.

Seperti diketahui, plang itu dipasang sebagai bentuk sosialisasi Pemkot Bandung agar warga Kota Bandung atau wisatawan yang berkunjung ke kawasan tersebut tidak merokok sembarangan.

Tak hanya di titik lokasi peresmian KTR, sejumlah warga juga merokok di kursi taman yang ada di Jalan Braga. Ada juga warga yang merokok sambil berjalan kaki.

Peraturan ini sudah diatur dalam, Perda No 4 Tahun 2021 tentang KTR yang diresmikan pada Mei 2021.

Kasatpol PP Kota Bandung Rasdian mengatakan, saat ini masih dalam proses sosialisasi.

"Sekarang masih tahap sosialisasi," kata Rasdian via sambungan telepon.

Rasdian menyebut, sosialisasi ini dilakukan 1-2 tahun setelah Perda disahkan. "Setelah Perda dikeluarkan, minimal satu tahun dan maksimal dua tahun (setelah disahkan)," kata Rasdian.

"Setelah dua tahun kesana, harus dikeluarkan sanksinya," tambah Rasdian.

Rasdian menyebut, pihaknya dan pembuat aturan tersebut yakni Dinas Kesehatan akan bekerjasama melakukan pengawasan dan sosialisasi.

"Disosialisasikan oleh Dinas Kesehatan bekerjasama dengan Satpol PP. Kita perlu waktu untuk sosialisasi, kalau langsung penegakan nanti masyarakat protes," tegasnya.

Saat disinggung mengapa tidak ada petugas yang melakukan pengawasan di bawah plang, pihaknya mengaku masih kekurangan personil. "Kita masih kekurangan personil, masa sama Satpol PP semua, nanti kita koordinasikan dulu sama Dinkes," pungkasnya.