Jorok! Sampah Menumpuk di Pasar Gedebage Bandung

Yudha Maulana - detikNews
Senin, 15 Nov 2021 12:21 WIB
Tumpukan sampah di Pasar Gedebage, Bandung.
Tumpukan sampah di Pasar Gedebage, Bandung (Foto: Yudha Maulana/detikcom).
Bandung -

Tumpukan sampah terlihat di sejumlah titik di Pasar Gedebage, Kota Bandung pada Senin (15/11/2021). Sampah berupa sisa dagangan pasar hingga peti kayu bekas menumpuk, dan menimbulkan bau yang tak sedap.

Keadaan itu dikeluhkan oleh para pedagang. Apalagi jika hujan deras datang, sampah tersebut terbawa aliran air sehingga kondisi pasar tampak lebih kotor.

"Belum diangkut, katanya penampungan sampahnya penuh, ada yang bilang truknya belum siap," ujar Taufik (34) salah seorang pedagang.

Taufik mengatakan biasanya sampah-sampah tersebut diangkut setiap dua minggu sekali. Namun, belakangan belum ada sampah yang diangkut lagi.

"Sampah dimana-mana, bingung pedagang juga, pembeli yang datang ke pasar juga pasti kehambat," tuturnya.

"Kalau hujan sampahnya ke bawa arus, jadinya meluber ke jalan. Masuk ke selokan jadi banjir, pedagang enggak bisa apa-apa. Uang kebersihan terus berjalan tapi tidak ada tindakan," kata Taufik menambahkan.

Ia berharap pemerintah bisa segera membereskan permasalahan sampah ini. "Mudah-mudahan cepat ada solusi, kasihan pedagang dan yang mau belanja juga, mudah-mudahan pemerintah segera kasih solusi," katanya.

Anis (41) salah seorang pembeli di Pasar Gedebage mengaku tak nyaman dengan kondisi pasar yang becek dan banyak sampah. "Jalanan menuju pasarnya becek dan banyak sampah, saya sendiri enggak nyaman sih sebenarnya, tapi mau kebetulan punya pedagang langganan di sini," ucap Anis.

Simak juga video 'Hamparan Sampah di Pegunungan Himalaya':

[Gambas:Video 20detik]



(yum/mso)