Tahun Depan, RS di Banten Selatan Mulai Dibangun

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Senin, 15 Nov 2021 10:17 WIB
Gubernur Banten Wahidin Halim (WH).
Foto: dok. Pemprov Banten
Serang -

Pada 2022 di Banten bagian selatan khususnya yang berbatasan dengan Sukabumi, Jawa Barat akan dibangun rumah sakit. Lokasinya yang sudah ditetapkan adalah di Kecamatan Cilograng atau daerah terujung di selatan Banten.

Dalam keterangannya, Gubernur Wahidin Halim menyebut bahwa RS itu mulai digarap bulan Januari. RS nantinya bertipe D dan dibangun bersama RS-RS di selatan seperti di pesisir Kecamatan Labuan.

"Tahun ini kita (mulai) akan bangun CIlograng. Pokoknya untuk memenuhi akses masyarakat di Labuan, Bayah, dan Panggarangan," kata Wahidin, Senin (15/11/2021).

RS itu akan menambah jumlah keseluruhan 137 RS di Banten. Jumlah itu termasuk yang swasta dan milik pemerintah provinsi dan kabupaten kota.

Selama ini, warga bagian selatan Banten memang jauh untuk mengakses kesehatan. Ada satu RS di Kecamatan Malingping milik pemprov tapi juga masih dinilai jauh dari akses warga perbatasan. Makanya, sebagian besar mereka harus pergi ke Sukabumi jika ingin berobat.
"Saya tidak mau orang Bayah, Cilograng berobatnya ke Sukabumi. Kalau perlu orang Sukabumi yang berobat ke sini. Karena apa, ini penting pelayanan ini menjadi penting dan ini yang harus kita sadari bahwa kita harus melayani mereka," ujarnya.

(bri/ern)