Kawasan Wisata Puncak Bogor Padat Merayap, Polisi Berlakukan Buka-Tutup

M Solihin - detikNews
Sabtu, 13 Nov 2021 10:49 WIB
Puncak Bogor macet, polisi buka tutup jalan
Foto: M Sholihin
Bogor -

Arus lalulintas menuju kawasan wisata Puncak, Bogor, Jawa Barat mengalami kemacetan parah. Untuk mengurangi mobilitas masyarakat menuju kawasan Puncak, Polres Bogor memberlakukan sistem ganjil genap dan buka-tutup di beberapa titik kemacetan.

"Seperti yang dilihat saat ini arus kendaraan menuju kawasan Puncak terjadi peningkatan, ini memang seperti yang terjadi pada setiap weekend. Kemacetan terjadi menjelang titik pemeriksaan ganjil genap dan setelahnya," kata Kanit Turjawali Satlantas Polres Bogor Ipda Ardian Novianto ditemui di Gadog, Sabtu (13/11/2021).

Ardian menyebut, kendaraan didominasi oleh kendaraan dari luar Kabupaten Bogor, terutama yang berplat B. Peningkatan jumlah kendaraan menuju puncak sudah terjadi sejak Jumat (12/11/2021) malam.

Kendaraan didominasi kendaraan dari luar Kabupaten Bogor, karena PPKM daerah sekitar Kabupaten Bogor sudah turun sehingga banyak masyarakat yang beraktivitas.

"Kita tetap berlakukan ganjil-genap, ini untuk membatasi mobilitas masyarakat. Meskipun daerah sekitar sudah turun level PPKM-nya, tetapi Kabupaten Bogor masih di level 3, jafi harus tetap dibatasi mobilitas menuju kawasan Puncak" imbuhnya.

Untuk mengurai kemacetan yang terjadi di Jalan Raya Puncak, kata Ardian, saat ini pihaknya melakukan sistem buka tutup di beberapa titik kemacetan, seperti simpang Megamendung, simpang Pasar Cisarua dan simpang Taman Safari Indonesia.

"Kita tidak berlakukan oneway. Kita lakukan penguraian dengan sistem buka-tutup di beberapa titik hambat, seperti simpang megamendung, Pasar Cisarua, simpang Taman Safari," kata Ardian.

Pantauan detikcom pukul 09:00 WIB di titik penyekatan ganjil genap Simpang Gadog, nampak petugas gabungan TNI, Polri, Dishub, BPBD dan Satpol PP Kabupaten Bogor bersiaga dan melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan yang mengarah ke Puncak. Jalur menuju Puncak di titik penyekatan nampak di bagi dua dan dibatasi dengan traffic cone.

Setiap kendaraan bernopol ganjil akan diarahkan ke lajur kiri dan dipersilahkan melanjutkan perjalanan. Sementara untuk kendaraan bernopol genap diarahkan ke lajur kanan dan diminta untuk memutar arah kendaraannya.

Sementara arus lalulintas di simpang Gadog nampak terjadi kemacetan. Ratusan kendaraan yang datang darah Tol Jagorawi nampak mengular sejak selepas GT Ciawi hingga Simpang Gadog.

Sampai saat ini pukul 10:00 WIB, petugas gabungan masih melakukan penyekatan dan pemeriksaan di simpang Gadog. Puluhan kendaraan baik roda 4 maupun roda 2 nampak diputar balik karena nopolnya tidak sesuai dengan tanggal hari ini.

(ern/ern)