ADVERTISEMENT

Srikandi Bandung Sukses Bawa Kopi Kamojang Mendunia

Wisma Putra - detikNews
Jumat, 12 Nov 2021 22:54 WIB
Srikandi Bandung Sukses Bawa Kopi Kamojang Mendunia
Eti Sumiati (Foto: Wisma Putra/detikcom)

Ekspor Kopi di Kala Pandemi COVID-19

Kabupaten Bandung dikenal dengan produk kopinya. Selain Wanoja Coffee dari Ibun, banyak kopi-kopi di Kabupaten Bandung yang melanglang buana di luar negeri. Seperti kopi Pangalengan, Cimaung, Kertasari hingga Ciwidey.

Tanggal 30 Oktober 2021, Bupati Bandung Dadang Supriatna melepas 19,5 ton produk kopi Kabupaten Bandung untuk ekspor ke Prancis. "Inilah, keunggulan Kabupaten Bandung ini walaupun kondisi pandemi karena para pelakunya di antaranya para petani ingin maju," kata Dadang.

Orang nomor satu di Kabupaten Bandung ini menyebut, dengan melakukan ekspor produk pertanian ini, pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bandung kembali meningkat. "Alhamdulillah kalau flashback pada Bulan April, pertama saya dilantik kondisi pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bandung di minus 1,87 persen, kalau dibandingkan dengan Bali waktu itu di tujuh persen. Sekarang alhamdulillah kita sudah meningkat lagi enam persen, itu karena Kabupaten Bandung banyak produk pertanian," tuturnya.

Selain itu, Dadang juga menyebut produk pertanian di Kabupaten Bandung, salah satunya kopi, masih menjadi andalan di masa pandemi COVID-19 ini. Berkat petani Kabupaten Bandung juga, produk pertanian ini bisa bersaing di pasar nasional.

"Ini salah satu bukti, petanilah menjadi andalan walaupun dalam kondisi pandemi, apalagi kondisi normal. Dengan adanya ekspor kopi ke Prancis ini, salah satu langkah awal yang bisa diikuti negara lainnya, baik Turki, Belanda bahkan Amerika. Saya yakin kopi di Kabupaten Bandung produknya luar biasa dan laku di pasar internasional," ucap Dadang.


(wip/bbn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT