ADVERTISEMENT

Srikandi Bandung Sukses Bawa Kopi Kamojang Mendunia

Wisma Putra - detikNews
Jumat, 12 Nov 2021 22:54 WIB
Srikandi Bandung Sukses Bawa Kopi Kamojang Mendunia
Eti Sumiati (Foto: Wisma Putra/detikcom)

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jabar Herawanto mengatakan pihaknya terus membantu pemerintah dalam pemulihan ekonomi di Jawa Barat. Pihaknya mendorong pelaku UMKM harus memiliki barang yang green product dan green economy.

"Semua bersinergi, berkolaborasi untuk mendukung UMKM. UMKM apa? UMKM yang berkualitas, cirinya menggunakan teknologi dan ekspor. Ini yang harus kita wadahi dan dorong, ketika berbicara ekspor yang paling mengenalnya adalah green product dan green economy," paparnya.

"Yuk bangun Jawa Barat dengan gaya pembangunan yang berwawasan lingkungan, termasuk UMKM," ucap Herawanto menambahkan.

Menurutnya, karakteristik kopi di Jawa Barat unik, termasuk Wanoja Coffee yang ditanam di pegunungan Kamojang. Pemberdayaan terhadap kelompok tani ini tidak hanya pemberdayaan kelompok tani pada umumnya. Support materi terhadap Wanoja Coffee dilakukan demi perbaikan kualitas menuju produk Jabar yang menembus pasar internasional.

"Klaster Wanoja, perbaikan kualitas produk agar bisa dijual di pasar internasional, termasuk prosesnya, itu penting. Ternyata produk akhir khususnya kopi tergantung cara pemrosesan, bibit dan pohon iya, tapi ketika proses salah itu tidak akan masuk kriteria pasar internasional," ujar Herawanto.

Srikandi Bandung Sukses Bawa Kopi Kamojang MenduniaKepala Perwakilan Bank Indonesia Jabar Herawanto (Foto: Wisma Putra.detikcom)

BI Jabar juga membantu membuka pasar di luar negeri untuk produk Wanoja Coffee. Tak hanya itu, Wanoja Coffee juga diikutsertakan dalam sejumlah eksibisi kopi.

"Ketika bicara pasar internasional, termasuk Wanoja Coffee, pertama informasi pasar yang terbuka di luar negeri, kita juga sertakan Wanoja diberbagai eksibisi. Ketika kita menyertakan Wanoja dan klaster kopi lainnya untuk masuk dalam satu eksibisi itu enggak mudah, ada semacam kurasi dan tes layak apa tidak," katanya.

Herawanto acungkan jempol untuk produk kopi Wanoja Coffee. "Alhamdulillah Wanoja dalam kesempatan menjadi satu produk yang paling memenuhi, persyaratan itu," ucapnya.

Selain produktif dalam berbisnis di masa tua, Eti juga dinilai berhasil melakukan pemberdayaan terhadap perempuan dan menjunjung kesetaraan gander. "Ini menjadi menarik Wanoja itu, karena perkumpulan wanita yang bergerak di bidang ini. Isu bahwa pemberdayaan perempuan itu penting termasuk Jawa Barat harus jadi concern bersama. Bicara soal perempuan kuta tahu salah satu titik penting untuk sebuah program itu salah satunya mendorong pihak perempuan, tanpa keterlibatan perempuan tidak bisa berlangsung lama," tutur Herawanto.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT