Puluhan Makam COVID-19 di TPU Cikadut Bandung Ambles!

Yudha Maulana - detikNews
Kamis, 11 Nov 2021 11:48 WIB
Makam COVID-19 di TPU Cikadut Ambles
Foto: Yudha MaulanaTanah makam COVID-19 di TPU Cikadut Bandung ambles. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung -

Puluhan makam di pemakaman khusus korban COVID-19 di Blok E2 TPU Cikadut, Kota Bandung, ambles karena diguyur hujan. Petugas pun turun tangan untuk merapikan makam-makam yang ambles tersebut sejak musim penghujan datang.

Pantauan detikcom, makam-makam yang amblas tersebut menimbulkan cekungan sedalam kurang lebih 10 - 30 sentimeter. Cekungan di atas makam muncul karena pelapukan peti atau tanah kuburan yang kurang padat karena digali menggunakan alat berat.

"Kurang lebih ada 25 sampai 30 makam. Tapi amblesnya masih wajar ya, karena faktor alam dan hujan lebat. Sekarang juga lagi kita rapikan lagi," ujar Koordinator Penggali Makam Soni Santoso saat ditemui detikcom di TPU Cikadut, Kamis (11/11/2021).

Makam COVID-19 di TPU Cikadut AmblesTanah makam COVID-19 di TPU Cikadut Bandung ambles. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)

Soni mengatakan makam-makam yang ambles ini bermunculan begitu musim penghujan datang yakni sekitar akhir Oktober lalu hingga sekarang. Pihaknya pun segera menindaklanjuti jika ada pihak keluarga almarhum yang melaporkan jika makam keluarganya ambles.

"Kualitas peti juga memengaruhi amblesnya makam ini, karena ada juga peti yang terbuat dari bahan tipis begitu, jadi lebih cepat pelapukannya," ujar Soni melanjutkan.

Kendati begitu, ujar Soni, amblesnya makam ini merupakan hal yang wajar oleh faktor alam. "Jadi celah yang ada karena peti yang lapuk bisa dipadatkan secara alami, tapi kita segera ratakan dan dibentuk seperti makam kembali seperti semula," kata Soni.

(yum/bbn)