ADVERTISEMENT

34 Napi Teroris di Lapas Gunung Sindur Bacakan Ikrar Setia NKRI

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selasa, 09 Nov 2021 14:52 WIB
Bandung -

Sebanyak 34 narapidana teroris di Lapas Gunung Sindur membaca ikrar setia NKRI. Hal tersebut sebagai bentuk implementasi deradikalisasi yang dilakukan oleh Lapas Gunung Sindur.

Pembacaan ikrar tersebut dilakukan di Lapas Narkotika Kelas IIA Gunung Sindur, Bogor pada Selasa (9/11/2021). Inti dari ikrar tersebut ke-34 napi teroris berjanji untuk setia pada Ancasila dan melindungi tanah air dari tindakan terorisme.

"Ikrar setia NKRI ini sebagai bentuk pembuktian pelaku individu dan kelompok untuk bersedia meninggalkan atau melepaskan diri mereka dari aksi dan kegiatan terorisme. Sekaligus menjadi pencerah kepada orang-orang di sekitarnya dan membantu pemerintah dalam menghambat proses penyebaran radikalisme di masyarakat," ucap Kalapaa Gunung Sindur Damari dalam keterangannya.

Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jabar Sudjonggo menambahkan dengan adanya ikrar ini, napi bisa kembali ke NKRI. Mereka juga bisa meningkatkan kesadaran bela negara untuk menjaga NKRI. Pihaknya turut mengapresiasi langkah Lapas Gunung Sindur yang sudah mampu melakukan deradikalisasi terhadap puluhan napi.

"Semoga kedepannya Lapas Narkotika Gunung Sindur tetap menjaga sinergitas dan kolaborasi dengan aparat penegak hukum terkait seperti dengan Polres, Densus, BNPT, BIN, Kodim, dan Stake Holder lainnya dalam melaksanakan Tugas dan Fungsi-nya, terutama dalam membina Napiter," kata Sudjonggo.

Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi Ditjen PAS Thurman Hutapea menambahkan adanya ikrar setia NKRI ini merupakan bentuk dari hasil pembinaan kepada narapidana. Dengan adanya ikrar ini, sambung Thurman, napi teroris sudah siap untuk menjaga Pancasila.

"Dengan dilaksanakannya kegiatan pernyataan ikrar setia kepada NKRI ini, kami berharap hal ini mampu menjadi awal bagi saudara-saudara warga binaan untuk menjadi anggota masyarakat yang memiliki kesadaran terhadap hak dan kewajiban baik sebagai individu, masyarakat dan sebagai warga negara," katanya.

Berikut daftar 34 napi teroris yang membacakan ikrar setia NKRI:

1. Abdur Rochim
2. Achmad Fauzan
3. Al Anshory
4. Afan Nada
5. Aldi Oktavery
6. Ali Muhammad Amin
7. Ali Ragusman
8. Asep Zurochman
9. Budi Trikaryanto
10. Cepi Kurniawan
11. Dedi Kusnadi
12. Dindin Arifien
13. Muhammad Hambali
14. Fahmin
15. Hadi Masykur
16. Hari Setiawan
17. Imarudin
18. Ismarwan
19. Jamaluddin Musthofa
20. Joan Puji Santosa
21. Juher
22. Juju Juharyadi
23. Moh Taufik
24. Muh Jamaluddin
25. Mulyani
26. Rochis
27. Syuhada
28. Waedi
29. Wasim
30. Wawan Wicaksono
31. Wedi Nopriadi
32. Yanto
33. Yunus Trianto
34. Iksan Onoly

(dir/mso)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT