Waspada, Potensi Banjir Terjadi di Bandung Raya 3-4 November

Yudha Maulana - detikNews
Rabu, 03 Nov 2021 08:30 WIB
Ilustrasi banjir bandang (Andhika-detikcom)
(Foto: Ilustrasi banjir bandang (Andhika-detikcom)
Bandung -

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung membuat prakiraan cuaca berbasis dampak (IBF) untuk dampak banjir/banjir bandang di Bandung Raya. Peta potensi bencana ini berlaku tanggal 3 - 4 November 2021.

BMKG Bandung mengimbau agar warga Kabupaten Bandung, khususnya di Kecamatan Rancabali untuk bersiaga terkait potensi banjir/banjir bandang hari ini.

Begitu pun dengan wilayah di Kabupaten Bandung Barat, termasuk di dalamnya Kecamatan Rongga, Cihampelas, Cililin, Waduk, Cipongkor, Sindangkerta, Gununghalu, Cipatat, Saguling, Batujajar, Padalarang, Cipeundeuy berstatus WASPADA dengan
potensi banjir/banjir bandang.

Esok, 4 November 2021, BMKG Bandung merilis ada potensi dampak dengan status SIAGA yang meliputi Rancabali dan Pasirjambu (Bandung) dan Gununghalu (Bandung Barat). Sedangkan daerah dengan status WASPADA potensi banjir/banjir bandang yakni Sindangkerta (Bandung Barat), kemudian Ciwidey, Pangalengan, Kertasari (Bandung).

Sebelumnya, banjir juga sempat mengepung wilayah Bandung Raya. Mulai dari Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat dan Kota Bandung. Bencana longsor juga hampir menimpa dua rumah di kawasan Dago, Kota Bandung pada Selasa (2/11).

Berdasarkan analisis cuaca, hari ini diprakirakan hujan dengan intensitas ringan, sedang hingga lebat akan mengguyur wilayah Jabar secara merata. Suhu udara di wilayah Jabar bagian utara berkisar 22 - 32°C

, sedangkan suhu di bagian selatan relatif lebih dingin dengan kisaran suhu 17 - 31°C.

BMKG pun memperingatkan ada potensi hujan yang disertai kilat/petir dan angin kencang pada siang hingga malam hari di Kab dan Kota Bogor, Kota Depok, Kab dan Kota Bekasi, Kab Karawang, Kab Subang, Kab Indramayu, Kab Sumedang, Kab dan Kota Sukabumi, Kab Indramayu, Kab Purwakarta, Kab Cianjur, Kab dan Kota Bandung, Kota Cimahi, Kab Bandung Barat, Kab Garut, Kab dan Kota Tasikmalaya, Kab Majalengka, Kab Cirebon, Kab Kuningan, Kab Ciamis, Kab Pangandaran, dan Kota Banjar.

(yum/mud)