Hujan Angin, Pohon Tumbang Timpa Dua Mobil di Bogor

M. Sholihin - detikNews
Kamis, 28 Okt 2021 17:54 WIB
Pohon tumbang di Bogor.
Pohon tumbang di Bogor (Foto: Istimewa).
Bandung -

Hujan deras disertai angin kencang mengakibatkan sebuah pohon besar di kawasan wisata kuliner Teras Air Kota Bogor tumbang, Kamis (28/10/2021). Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun dua kendaraan yang sedang parkir mengalami rusak akibat tertimpa pohon yang tumbang.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor Theo Patrocinio mengatakan pohon tumbang terjadi sekitar pukul 14.15 WIB. Saat itu, hujan cukup deras disertai angin kencang melanda sebagian wilayah Kota Bogor.

"Info pohon tumbang timpa dua mobil di Teras Air. Mobilnya tadi dua mobil (yang tertimpa), mobilnya Rush dan Jazz. Kerusakan ada karena tertimpa pohon, sudah dibawa pemiliknya," kata Theo kepada detikcom, Kamis (28/10/2021).

Theo menyebut personel BPBD Kota Bogor bersama unsur lainnya langsung melakukan evakuasi pohon yang sempat menimpa mobil dan atap kafe di lokasi.

"Pohon tidak cuma timpa mobil, timpa juga atap teras warung," kata Theo.

Selain bencana pohon tumbang, kata Theo, banjir lintasan dan longsor juga sempat terjadi di Kota Bogor hari ini. Namun dapat dipastikan tidak ada korban dalam kejadian bencana hari ini.

"Laporan-laporan lain juga terjadi di Kota Bogor seperti longsor, banjir dan lain-lain. Personel juga sudah ke lokasi untuk lakukan assessment-assessment. Kita tetap stanby, on call. Tetap siaga mengingat cuaca belakangan ini cukup ekstrim," kata Theo.

Sekedar diketahui, hujan dengan intensitas cukup tinggi terjadi di kawasan Kota dan Kabupaten Bogor. Hujan deras yang mengguyur kawasan Puncak Bogor yang menjadi kawasan hulu Sungai Ciliwung mengakibatkan debit Sungai Ciliwung meningkat. Tinggi Muka Air (TMA) Sungai Ciliwung yang awalnya hanya 90 centimeter pada pukul 13.30 WIb, naik drastis menjadi 110 centimeter.

Petugas Bendung Katulampa Bogor pun menetapkan status Bendung Katulampa Bogor menjadi Siaga 3. Tidak lama kemudian, TMA Sungai Ciliwung kembali dengan ketinggian 130 centimeter dengan statua Siaga 3 banjir.

(mso/mso)